Sukses

BI Perluas Lokasi Layanan Bikin Jumlah Penukaran Uang Turun

Layanan penukaran uang di lapangan Lenggang Jakarta Monas telah menerima layanan penukaran uang hingga Rp 46,2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan penukaran uang yang digelar Bank Indonesia (BI) di Lapangan Lenggang Jakarta, Monas, Jakarta Pusat resmi ditutup pada hari ini. Namun, tampaknya jumlah nominal penukaran uang jelang Lebaran tahun ini menurun jika dibandingkan tahun lalu.

Kepala Tim Depertemen Pengelolaan Uang BI, M Arif Kurniawan mengatakan dari data yang masuk ke BI per 10 Juli 2015, masyarakat yang melakukan penukaran uang baik di Lapangan Lenggang Jakarta maupun di sejumlah titik resmi penukaran uang di Jabodetabek mencapai 14.763 orang.

"Nilai nominalnya secara total Rp 35,8 miliar," ujar Arif saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Dia mengungkapkan, angka ini menurun dibandingkan tahun lalu. Pada periode jelang Lebaran 2014, jumlah masyarakat yang melakukan penukaran uang mencapai 21 ribu orang dengan nominal mencapai Rp 46,2 miliar.

"Tahun kemarin sampai hari terakhir 21 ribu orang, nominalnya Rp 46,2 miliar. Memang ada penurunan. Tapi ini belum dihitung hari terakhir ini," kata dia.

Arif menuturkan, penurunan ini bukan disebabkan kurangnya antusias masyarakat untuk menukarkan uang, melainkan karena BI tidak hanya membuka layanan penukaran uang di kawasan Monas pada tahun ini tetapi bekerjasama dengan 11 bank yang membuka 81 titik penukaran uang.

"Jadi kalau pun ada penurunan karena kita telah memperluas tempat penukaran, ke pasar-pasar, ke lembaga institusi pemerintah, ke kantor media, Lemhanas, intinya untuk menjangkau masyarakat. Ini juga karena adanya pembatas nominal, yang Rp 3,7 juta itu," ujar Arif. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.