Sukses

Pelayanan Meningkat Dongkrak Jumlah Pemudik di Pelabuhan Merak

ASDP Ferry Indonesia menyatakan puncak arus mudik penumpang dan kendaraan roda empat terjadi pada H-2 Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) mencatat jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut dan melalui pelabuhan Merak, Banten meningkat jika dibandingkan tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan ASDP Ferry Indonesia, Christine Hutabarat menjelaskan peningkatan pemudik tersebut terjadi untuk para pengguna sepeda motor dan pengguna kendaraan roda empat.

"Terjadi peningkatan pemudik dengan kendaraan bermotor di Pelabuhan Merak, meskipun demikian arus mudik di Merak tahun ini jauh lebih lancar dan aman‎," kata Christine, Kamis (16/7/2015).

Christine menuturkan, puncak arus mudik penumpang dan kendaraan roda empat di Pelabuhan Merak terjadi pada H-2 saat 127.389 orang dan 13.007 mobil dan bus menyeberang ke Sumatra. Sedangkan puncak arus mudik untuk jenis motor terjadi sebelumnya pada H-3 saat menyeberangkan 19.197 motor.

Sementara, secara akumulatif dari H-7 hingga H-2, terjadi peningkatan pemudik dengan motor dan kendaraan roda empat, namun jumlah penumpang orang khususnya pejalan kaki justru menurun. Pemudik motor dan mobil rata-rata naik 1 persen dan penumpang turun 1,5 persen.  

Pemudik menggunakan motor dan mobil berjumlah masing-masing 61.500 unit motor dan 100.500 unit mobil pada H-7 hingga H-2 saat Lebaran 2014. Jumlah itu naik menjadi 61.900 motor dan 100.750 mobil pada 2015.

"Waktu tunggu penumpang naik ke kapal berkurang sangat jauh dan antrean yang sempat terjadi juga bisa terurai sangat cepat. Hal ini terutama karena beroperasinya kapal kapal besar dan semakin tertibnya pengamanan dan pelayanan pelabuhan," kata Christine.

Kondisi di Pelabuhan Merak sangat lengang pada siang hari H-1, masih ada beberapa pemudik jarak dekat yang melakukan perjalanan hari ini. Kondisi cuaca cerah dan gelombang laut normal. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini