Sukses

Ini 5 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia

Berikut lima perusahaan terbesar di dunia milik keluarga yang dirangkum CS Global Family 900 Universe.

Liputan6.com, Jakarta - Credit Suisse merilis laporan 920 perusahaan milik keluarga di dunia. Perusahaan di dalam daftar tersebut memiliki kapitalisasi pasar minimal dari US$ 1 miliar, dengan kepemilikin saham keluarga setidaknya 20 persen. 920 perusahaan dari 35 negara itu, 64 persennya berasal negara berkembang terutama di Asia.

"Di pasar berkembang kami melihat kepemilikan banyak keluarga menjual saham secara bertahap dari waktu ke waktu. Berdasarkan data statistik menunjukkan kalau kepemilikan di generasi kedua menjadi hanya sepertiga. Lalu generasi ketiga hanya sekitar 12 persen, dan hanya tiga persen untuk generasi keempat," tulis analis Credit Suisse seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (17/7/2015).

Beberapa perusahaan telah dikendalikan oleh keluarga selama beberapa generasi, dan tidak ada bisnis keluarga tanpa masalah keluarga. Banyak dari pemilik perusahaan keluarga tersebut juga memiliki konflik.

Berikut ini adalah 5 perusahaan terbesar di dunia milik keluarga yang dirangkum CS Global Family 900 Universe:

1.Novartis

Industri: Perawatan Kesehatan

Negara: Swiss

Kapitalisas Pasar: US$ 279 miliar

Keluarga: Sandoz

Novartis adalah salah satu pembuat obat terbesar di dunia, didirikan 1996 setelah merger antara Sandoz dan Ciba Geigy. keturunan Edouard Sandoz (yang mendirikan Sandoz pada 1886) memiliki sejumlah saham Novartis. The Sandoz Foundation merupakan pemegang saham tunggal terbesar perusahaan, dan Presiden Pierre Landolt duduk di direksi Novartis.

2. Roche

Industri: Perawatan Kesehatan

Negara: Swiss

Kapitalisasi Pasar: US$ 254 miliar

Keluarga: Hoffmann-Oeri

Fritz Hofmann-La Roche mendirikan sebuah perusahaan sirup yang saat ini mengembangkan beberapa obat kanker terbaik di dunia. Ahli warisnya masih menguasai setidaknya setengah dari saham perusahaan, menurut Bloomberg. Keluarga Hoffmann-Oer mengendalikan perusahaan melalui voting mereka. Keluarga memiliki setidaknya delapan miliarder, termasuk Dr. Andreas Oeri dan André Hoffmann yang duduk di dewan direksi produksi obat .

3.Wallmart

Industri: Barang konsumsi

Negara: Amerika Serikat

Kapitalisasi Pasar: US$ 241 miliar

Keluarga: Walton

Keluarga Walton memiliki sekitar setengah dari Walmart melalui Walton Enterprises, menurut data Thomson Reuters. 50 persen saham cukup berharga untuk menempatkan lima ahli waris antara orang-orang terkaya di dunia.  Rob dan Jim Walton duduk di dewan direksi, dan bersama dengan adiknya Alice dan adik ipar Christy, masing-masing memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 35 miliar.

4. Facebook

Industri: Teknologi Informasi

Negara: Amerika Serikat

Kapitalisasi Pasar: US$ 225 miliar

Keluarga: Zuckerberg

Mark Zuckerberg telah membawa keluarganya ke bisnisFacebook. Saham yang masih dimilikinya hanya di bawah sepertiganya.  Kakaknya Randi adalah seorang eksekutif pemasaran di Facebook sebelum dia memulai perusahaan sendiri. Zuckerberg juga memberikan ayahnya 2 juta saham atas rasa terima kasih padanya karena beliau sempat memberikan uang selama tahun-tahun awal perusahaan Facebook berdiri.

5.Anheuser-Busch InBev

Industri: Barang konsumsi

Negara: Belgia

Kapitalisasi Pasar: US$ 197 miliar

Keluarga: Lemann, Sicupira, Telles

Private equity grup 3G capital dibalik dari merger yang mendorong pembentukan Anheuser-Busch InBev. Saat ini, Jorge Paulo Lemann, salah satu orang terkaya Brazil menjadi pemegang saham terbesar. Rekannya Carlos Sicupira dan Marcel Herrmann Telles juga memiliki saham di perusahaan tersebut.

 

(Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini