Sukses

Erupsi Raung Berlanjut, Citilink Kembali Batalkan Penerbangan

Dengan pembatalan penerbangan tersebut diharapkan penumpang Citilink yang telah memegang tiket penerbangan tidak perlu mendatangi bandara.

Liputan6.com, Jakarta - Berlanjutnya erupsi Gunung Raung, Jawa Timur, yang masih menutupi langit Surabaya dan Malang, membuat maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia, kembali membatalkan penerbangan yang telah dijadwalkan. Pembatalan tersebut dilakukan hingga tengah hari, di hari pertama Lebaran yang jatuh pada Jumat (17/7/2015).

Direktur Operasional Citilink, Hadinoto Soedigno menjelaskan, dengan pembatalan penerbangan tersebut diharapkan para penumpang Citilink yang telah memegang tiket penerbangan tidak perlu mendatangi bandara.

“Berdasarkan perkiraan dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan juga otoritas bandara mengenai perkembangan terakhir erupsi Gunung Raung, Jawa Timur, manajemen Citilink akan melanjutkan pembatalan penerbangan dari dan menuju Surabaya serta Malang hingga Jumat pagi pukul 09.00 WIB. Setelah itu kami berharap penerbangan bisa normal kembali,” kata Direkturnya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (17/7/2015).

Hadinoto juga berharap agar penumpang tidak mendatangi bandara supaya tidak terjadi penumpukan dan bisa memilih opsi yang ada mulai dari reschedule, reroute, hingga pilihan refund secara penuh  atau tanpa ada pemotongan. Langkah tersebut bisa dilakukan penumpang Citilink dengan menghubungi call center Citilink di nomor 0804-1-080808  yang aktif setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

“Citilink juga sudah memberitahu para penumpang tujuan dari dan menuju Surabaya serta Malang sejak Kamis (16/7) malam pukul 22.00 WIB. Pemberitahuan tersebut dilakukan agar pada Jumat tidak ada penumpang di bandara karena sudah mempunyai pilihan atau menjadwal kembali penerbangannya,” kata Hadinoto.

Rute-rute penerbangan yang dibatalkan pada Jumat pagi (17/7) dari Bandara Halim Perdana Kusuma – Surabaya, Cengkareng – Surabaya, Halim – Malang, Surabaya – Ujungpandang, Surabaya – Pekanbaru, Surabaya – Denpasar, Surabaya – Lombok, Surabaya – Balikpapan.

Sebelumnya, sebanyak 30 penerbangan Citilink dari dan menuju Surabaya dan Malang dibatalkan dengan total penumpang yang tidak berangkat pada Kamis, 16 Juli 2015, diperkirakan sebanyak 4.700 penumpang.

"Setelah mendapatkan NOTAM dan melihat laporan satelit, pada Kamis, 16 Juli ini Citilink membatalkan seluruh penerbangan dan sesuai prosedur penanganan terkait force majeure seperti ini memberikan pilihan pada penumpang baik dalam bentuk refund secara penuh, reschedule (penjadwalan kembali), atau reroute (pengalihan rute)," kata CEO Citilink Indonesia Albert Burhan.

Albert mengemukakan, hal itu terkait letusan Gunung Raung dengan ketinggian asap mencapai 2.000 meter dan sebaran abu vulkanik yang makin meluas dan tebal, bahkan warga sekitar Gunung Raung bisa melihat lava pijar dan mendengar gemuruh keras dari arah gunung. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini