Sukses

Ini Negara Terbaik untuk Jadi Miliarder Wanita

Di Indonesia, dari 19 miliarder yang masuk daftar Forbes, tak ada satupun diantaranya adalah wanita.

Liputan6.com, New York - Dalam 30 daftar orang terkaya yang dibuat oleh Forbes, empat di antaranya adalah wanita. Jumlah tersebut memang cukup sedikit, namun tidak terlalu mengejutkan. Memang selama ini tak banyak wanita yang mampu masuk ke dalam daftar tersebut.

Mengutip CNBC, Sabtu (18/7/2015), Dalam daftar 1.000 orang kaya atau miliarder yang dibuat oleh Forbes, porsi miliarder wanita juga tak banyak. Amerika Selatan menjadi wilayah yang mempunyai persentase miliarder wanita yang cukup besar jika dibandingkan dengan negara lain. Sedangkan jika dilihat dari negara, Angola merupakan negara yang masud daftar teratas.

Hal tersebut karena masalah teknis. Di Angola hanya memiliki satu miliarder yang masuk ke dalam daftar Forbes. Salah satu itu adalah wanita bernama Isabel dos Santos. Ia seorang investor yang merupakan putri dari Presiden Angola Jose Eduardo dos Santos. Kekayaannya mencapai US$ 3,3 miliar.

Chili merupakan negara kedua yang masuk daftar negara pencetak miliarder wanita terbanyak. Dalam daftar yang dibuat oleh Forbes, Prosentase miliarder wanita dibanding dengan total miliarder yang ada mencapai 33,3 persen. Jadi dari 12 miliarder terdapat 4 miliarder wanita dan 8 miliarder pria.

Bagaimana dengan Asia? Jumlah miliarder wanita di Asia tak cukup banyak. Dari 620 miliarder yang ada di Asia, hanya ada 42 miliarder wanita. Negara di Asia yang jumlah miliarder wanitanya cukup mini adalah Taiwan. Dari 33 miliarder yang ada di negara tersebut, tak satu pun di antaranya wanita.

Singapura dan juga Indonesia juga hampir sama dengan Taiwan. Di Singapura terdapat 23 miliarder namun tak satupun perempuan. Sedangkan Indonesia, dari 19 miliarder yang masuk daftar, juga tak ada satu pun yang wanita.

Amerika memiliki yang cukup banyak di antara negara lain. Terdapat 67 wanita yang masuk kategori orang kaya. Namun jika dibandingkan dengan total jumlah miliarder yang ada di negara tersebut porsinya menjadi sedikit. Total orang kaya yang ada di Amerika mencapai 536 miliarder.
miliarder
Editor Forbes yang menangani indeks orang kaya di dunia tersebut, Trilby Rajna mengatakan, untuk sementara rasio miliarder wanita dan pria di Amerika Selatan cukup menggembirakan. " Ini seharusnya menjadi inspirasi bagi negara-negara lain," tuturnya. (Gdn/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini