Sukses


Ingin Rumah Tetap Bersih Usai Ditinggal Mudik? Yuk Simak Tipsnya

Berikut tips menjaga kebersihan rumah sebelum dan usai ditinggal pergi mudik dan liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan rumah juga perlu diperhatikan saat ditinggal mudik dan liburan. Hal itu perlu diperhatikan agar tidak mengundang serangga dan tikus yang dapat mengundang penyakit. Selain itu, Anda juga tidak ingin mendapatkan rumah dalam keadaaan kotor ketika sudah merasa lelah usai liburan.

Habid, Trainer dari Tukang Bersih.com pun membagikan sejumlah tips untuk menjaga kebersihan sebelum ditinggal pergi oleh pemilik rumah sejenak untuk mudik dan liburan.

Pertama, pastikan Anda mengeluarkan sampah-sampah yang busuk. Kedua, bersihkan remah-remah agar tak mengundang tikus, semut, kecoa dan serangga lainnya. Ketiga, jangan tinggalkan peralatan makan mulai dari sendok dan garpu yang kotor. Itu lantaran peralatan makanan kotor dapat mengundang semut dan kecoa.

Hal lain perlu diingat yaitu mengosongkan bak mandi agar tidak menjadi jentik. Lalu tempatkan alat kebersihan di tempat yang baik agar mudah digunakan saat kembali ke rumah.

Habib juga menyarankan, bila pergi lebih dari sebulan, sebaiknya menutup perabotan seperti kursi tamu, meja dan sebagainya untuk ditutup agar tak kena debu. Karena itu, sebaiknya Anda menutup jendela dan pintu agar debu tidak masuk.

Lalu usai mudik dan libur, apa sebaiknya yang harus terlebih dahulu dibersihkan?

Habib mengatakan, tak semua rumah harus dibersihkan ketika pulang mudik lantaran tubuh masih lelah. Hal pertama dilakukan yaitu membersihkan toilet dan bak mandi.

Berikut wawancara rumah.com dengan Habib, Trainter Tukang Bersih soal tips jaga kebersihan sebelum dan usai ditinggal mudik: (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.