Sukses

Dua Jurus Jitu Tetap Berpikir Positif Saat Bekerja

Berdasarkan studi kalau rata-rata manusia berpikir hal negatif. Akan tetapi, melihat sesuatu yang tidak beres terlebih dahulu jadi hal alami

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda punya masalah dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, kemungkinan besar cenderung melihat apa yang "tidak beres" terlebih dahulu, dan bukan melihat "apa yang sudah berhasil dilakukan dengan baik".

Hal itu sangat manusiawi bila melihat aspek negatif terlebih dahulu. Manusia pada umumnya banyak yang berpikir seperti itu. Berdasarkan penelitian menunjukkan lebih banyak pikiran negatif dari pada positif dalam diri seseorang. Menurut studi tersebut, dalam sehari rata-rata manusia berpikir 70-80 persen hal negatif. Jadi harus bagaimana menyikapi hal tersebut ?

Anda jangan panik. Melihat sesuatu yang tidak beres terlebih dahulu sangat alami bagi sebagian orang. Orang cenderung mencari tahu apa yang menyebabkan masalah, dan kemudian memikirkan solusi mengatasinya. Tidak ada yang salah dengan pendekatan ini. Namun, ada cara lain yang bekerja sangat baik dengan naluri alami Anda untuk memperbaiki banyak hal.

Berikut adalah dua pendekatan yang super positif, supaya dapat diterapkan  dalam kehidupan sekarang agar menjadi lebih bahagia dan sukses, seperti dikutip dari laman Inc.com, Minggu (19/7/2015):

1. Fokus pada hasil positif yang sudah dilakukan

Bayangkan Anda menjadi seorang pemain sepak bola. Bagaimana caranya supaya permainan menjadi lebih baik? Anda mungkin akan menganalisa permainan ketika tim kalah, serta permainan Anda membawa kemenangan. Namun, sebagian besar waktu Anda akan fokus pada saat tim kalah. Ada alternatif untuk pendekatan ini.

Fokus pada apa yang "bekerja dengan baik" dan kembali mengulanginya. Ini bukan berarti Anda mengabaikan hal-hal yang tidak bekerja dengan baik. Sebaliknya, Anda akan menyadari cara untuk memecahkan masalah dengan menganalisa kegagalan hanya bagian dari solusi.

Ketika Anda fokus pada apa yang "bekerja dengan baik", maka Anda akan menjadi lebih sadar akan hal-hal yang telah membantu Anda menjadi sukses di masa lalu. Fokus pada hal di mana Anda melakukannya dengan sangat baik dan lakukan lebih dari itu.

2. Memanfaatkan apa yang bekerja dengan baik

Orang jarang mempelajari kesuksesan yang mereka dapat dalam karir maupun pribadi mereka. Kadang-kadang, ketika akan kembali mencoba mengulangi cara terbaik, mereka menghadapi perlawanan dari diri mereka sendiri maupun orang lain. Ini hal lazim terjadi, jadi mau tidak mau Anda harus berani.

Anda pasti pernah melakukan hal yang sangat baik dalam hidup. Mempelajari hal tersebut dan coba lihat apakah Anda bisa menerapkanya pada hal lain. Misalnya, Anda mungkin sangat proaktif dalam mengelola orang, meski pun mungkin tidak pandai mengatur waktu.

Renungkan alasan kenapa Anda melakukannya dengan baik, menjadi sangat proaktif dalam mengatur orang. Anda mungkin mengatakan ingin bekerja dengan banyak orang. Sekarang, apa yang akan terjadi jika Anda menerapkan sikap yang sama terhadap mengatur waktu? Memanfaatkan hal-hal yang membuat Anda sukses di satu aspek dengan memasukkan ke aspek di mana kamu bisa berbuat lebih baik. (Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.