Sukses

Jumlah Pengambilan Uang Warga Yunani Tetap Dibatasi

Warga Yunani bisa melakukan pengambilan dana sekali seminggu dengan jumlah 420 euro.

Liputan6.com, Athena - Operasional bank-bank di Yunani rencananya akan kembali buka pada Senin, 20 Juli 2015. Merupakan pengaktifan kembali operasional bank setelah diminta untuk tutup oleh pemerintah sejak tiga pekan lalu.

Penutupan bank-bank tersebut dilakukan untuk membendung pengambilan uang secara besar-besaran (rush) di sistem keuangan. Pasalnya, jumlah dana tunai yang dimiliki oleh Yunani sangat kecil setelah mereka terbelit krisis keuangan.

Selain menutup operasional kantor cabang bank, Pemerintah Yunani juga membatasi jumlah penarikan uang yang menggunakan mesin ATM. Setiap harinya, warga hanya bisa menarik uang di ATM sebesar 60 euro. Jumlah yang cukup kecil untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Akibat aturan tersebut, dampaknya langsung terlihat pada beberapa ATM di Yunani. Antrian panjang tak kunjung habis setiap harinya. Bahkan tak jarang karena kemarahan warga, mesin ATM justru dirusak.

Mengutip CNN Money, Minggu (19/7/2015), meskipun pada hari Senin nanti operasional bank telah diaktifkan kembali seiring adanya kesepakatan dana talangan antara Yunani dengan kreditor, namun pemerintah negara dewa-dewa tersebut belum akan membuka batasan jumlah penarikan uang.

Kementerian Keuangan Yunani tetap mengeluarkan kebijakan bahwa jumlah uang yang bisa diambil oleh warga Yunani di mesin ATM maupun di kantor cabang tetap maksimal 60 euro.

Kementerian Keuangan Yunani juga memberikan pilihan lain, jika warga Yunani tak ingin lelah setiap hari mengantri di mesin ATM atau di kantor cabang, mereka bisa melakukan pengambilan dana sekali seminggu dengan jumlah 420 euro.

Sebelumnya, Pemerintah Yunani dan para kreditor secara resmi memulai pembicaraan dana talangan (bailout) ketiga setelah parlemen zona Eropa, terutama parleman Jerman, memberikan dukungan atau menyetujui pembicaraan bailout untuk Yunani.

Dalam pembicaraan tersebut, Pemerintah Yunani akan mendapat dana talangan dari kreditor senilai 7 miliar Euro yang akan cair pada Senin, 20 Juli 2015. Dengan dana itu diharapkan Yunani dapat membayar utangnya.

Pimpinan Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem mengatakan sekarang ada kesempatan Yunani untuk memulihkan ekonominya. Namun Dijsselbloem memperingatkan proses tersebut tidak akan mudah, ia berharap negosiasi berjalan sekitar empat minggu. (Gdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini