Sukses

Tips Menjadi Pimpinan yang Visioner

Jika kamu ingin tahu bagaimana meningatkan kemampuan visioner kamu.

Liputan6.com, Quebec - Banyak orang mengagumi para pemimpin visioner seperti Steve Jobs, Elon Musk, dan Oprah Winfrey. Namun, pernahkah kita berpikir bagaimana mereka bisa seperti itu. Apakah mereka lahir dengan bakat atau mereka memang mampu mengembangkan wawasan dan melihat industri bisnis dari sudut pandang lain?

Menurut B. Keith Simerson, penulis buku Leading With Strategic Thinking: Four Ways Effective Leaders Gain Insight, Drive Change, and Get Results, hal tersebut bisa dipelajari agar kita bisa mengikuti jejak para orang sukses tersebut. Jika kamu ingin tahu bagaimana meningatkan kemampuan visioner kamu, berikut ini tipsnya, Selasa (21/7/2015):

1. Belajar menganalisis tren

"Menciptakan visi dimulai dari observasi," kata Simerson. Itu sebabnya pemimpin visioner terus mengkaji, tidak hanya pada industri dan perusahaan mereka sendiri tapi juga perusahaan lain.

"Pemimpin visioner sangat lihai dalam memilah tren dan peluang untuk menggangu status quo," lanjut dia, "seperti rajin mencatat dan mendokumentasikan hasil rapat. Kemudian melakukan pengamatan setiap hari dan meluangkan waktu untuk meninjau catatan."

Pendekatan lain adalah dengan mencari pengalaman baru. Misal kamu bisa dantang ke acara seminar di luar kompetensi yang kamu miliki. hal tersebut cara untuk mengindentifikasi pola tren dan mengekspolari peluang baru.

2. Memperhatikan hal detail setiap hari

Selain pengamatan tren, pengamatan yang detail juga sangat penting untuk menjadi pemimpin visioner. Memerhatikan kegiatan sehari-hari dan mencoba melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda.

3. Perencanaan mendalam ketika meraih peluang

"Pemimpin visioner meraih keuntungan dengan memanfaatkan perubahan situasi," kata Simerson. Jeff Bezos berpikir buku adalah hal pertama yang dijual untuk memulai Amazon.com. Namun, ke depanya bisa menjual banyak jenis barang lainnya. Walt Disney selain memproduksi film tapi kemudian juga menjual merchandise. Pertimbangkan kemungkinan peluang lain yang bisa saja muncul.

4. Jangan menunggu sampai sempurna

Seperti Iphone dan Ipad. Kamu harus bisa melakukan inovasi dari waktu ke waktu. "Pemimpin Visioner tidak berhenti dengan upaya pertama mereka," kata Simerson. Mereka tidak malu menyampaikan ide dan menerima masukan.

5. Berbagi visi dengan orang lain

"Banyak pemimpin gagal karena berasumsi bahwa sebuah ide yang bagus harus bisa diterima orang lain." Kamu harus berfikir bagaimana menanamkan visimu di benak mereka. Jangan membuat kesalahan dengan mengerjakan ide brilian sendirian. Dukungan aktif orang lain akan membuat visi lebih cepat terlaksana.(Luk/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini