Sukses

Harga Emas Kian Terpuruk

Sentimen kenaikan suku bunga acuan AS memberikan tekanan pada harga emas.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas masih dalam tekanan meskipun harga masih bergerak di atas penutupan kemarin. Sentimen kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) memberikan tekanan pada harga emas.

"Harga kini bergerak di kisaran US$ 1.102 per ounce. Kemarin harga ditutup di kisaran US$ 1.096 per ounce," kata Head Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra dalam ulasannya, Selasa (21/7/2015).

Harga terlihat masih tertekan selama berada di bawah kisaran resisten US$ 1.120 per ounce (area rebound tertinggi kemarin), dengan potensi melemah kembali ke kisaran US$ 1.094 per ounce. Support selanjutnya di kisaran US$ 1.084 per ounce.

"Sementara penguatan di atas US$ 1.120, membuka potensi penguatan ke area US$ 1.135 per ounce," terang dia.

Harga logam mulia berada di bawah tekanan karena para pedagang beralih ke aset-aset yang lebih menguntungkan menjelang peluang kenaikan suku bunga The Fed.

Peningkatan suku bunga Fed mendorong investor meninggalkan dari emas dan beralih ke aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Ini merupakan kenaikan suku bunga The Fed pertama sejak Juni 2006, sebelum dimulainya krisis keuangan AS. Analis awalnya memperkirakan suku bunga akan naik pada Juni, namun karena data ketenagakerjaan yang lebih lemah dari perkiraan, harapan itu didorong kembali ke September.

Indeks dolar AS juga naik 0,03 persen menjadi 97,96. Indeks adalah ukuran dari dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama.

Pergerakan emas dan dolar AS biasanya berlawanan arah. Jika dolar AS naik, harga emas akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor. (Ilh/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas