Sukses

Aher Usulkan Proyek Tol Baru di Jalur Selatan Jabar

Langkah itu diambil untuk memperlancar arus kendaraan di jalur selatan, terutama pada saat arus mudik dan balik Lebaran.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  (Jabar) mengajukan rencana pembangunan tol baru di Jalur Selatan Jabar kepada pemerintah pusat pada tahun ini. Langkah itu diambil untuk memperlancar arus kendaraan di jalur selatan, terutama pada saat arus mudik dan balik Lebaran.

"Saya berharap agar rencana tersebut menjadi bagian dari proyek pembangunan tol nasional," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dikutip dari Antara, Selasa (21/7/2015).

Pria yang akrab disapa Aher itu mengatakan, pembangunan jalan tol di Jalur Selatan Jabar itu nantinya akan memiliki panjang sekitar 60 kilometer (km) dan bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di kawasan selatan, terutama saat arus mudik dan balik Lebaran.

Pihaknya telah memiliki rencana dan studi kelayakan, serta telah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 2013 lalu untuk pembangunan tol di jalur selatan ini. 

"Memang kita sudah ada perencanaan, FS (feasibility study) sudah ada. Mudah-mudahan tahun ini kita meminta persetujuan pusat untuk supaya jalur Cileunyi ke Tasikmalaya selanjutnya ke Ciamis menjadi bagian perencaan tol nasional," kata dia.

Lebih lanjut ia menuturkan arus mudik pada Lebaran tahun ini relatif lancar karena pihaknya telah melakukan perencanaan dan persiapan infrastruktur jalan dengan baik. Selain itu, lanjut dia, ada peningkatan sekitar 17 persen untuk kendaraan roda dua dan empat.

"Roda empat dan roda dua meningkat, kira 17 persen peningkatannya. Kemudian karena persiapan kita relatif lebih bagus, marka jalan dan rambu-rambu lebih bagus, jalan-jalan tidak ada yang bolong-bolong sudah kita siapkan dengan baik, sehingga Alhamdulillah kita katakan relatif lebih lancar," kata Aher.

Namun, karena jalur selatan merupakan satu-satunya jalur dan tidak ada alternatif jalan lain, Aher mengatakan di jalur tersebut sering kali padat terutama ketika momen Lebaran seperti saat ini.

"Untuk itu, harus ada rencana yang lebih baik lagi salah satunya pembangunan ruas tol di jalur selatan tersebut," kata dia. (Ant/Ilh/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini