Sukses

7 Hal Luar Biasa yang Dilakukan Orang Produktif

Kadang kita menyesali hari yang tidak produktif sehingga ingin waktu, tenaga lebih bermanfaat, dan tidak terbuang percuma begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki waktu sama dalam satu hari yaitu 24 jam. Namun mengapa tiap individu menunjukan hasil berbeda. Seseorang dapat menjadi produktif melakukan serangkaian kegiatan supaya waktu dan tenaganya lebih efisien. Apakah Anda ingin waktu dan tenaga lebih bermanfaat, dan tidak terbuang percuma begitu saja?. Selain itu, Anda juga tidak mau bingung dengan apa yang akan dilakukan selanjutnya?.

Berikut sejumlah tips yang dapat jadi pertimbangan supaya kegiatan Anda lebih produktif seperti dikutip dari laman Popsugar, Jumat (24/7/2015):

1. Membuat Daftar Kegiatan

Semua orang yang produktif berjanji untuk melaksanakan daftar kegiatan yang sudah mereka tulis. Daftar tersebut membantu mengatur kegiatan dan memahami apa yang dibutuhkan untuk diselesaikan.

Ada banyak cara untuk membuat daftar kegiatan, dari aplikasi elektronik sampai buku agenda. Hal ini penting untuk mengetahui metode mana yang terbaik untuk Anda karena harus menuliskan daftar kegiatan pada tempat yang sama. Jika Anda lebih nyaman menggunakan aplikasi, pilihlah salah satu yang dapat digunakan pada gadget Anda. Jika lebih suka menggunakan buku agenda, pastikan Anda membawa ke mana pun Anda pergi. Pastikan buku agenda atau aplikasi selalu berada dalam jangkauan supaya dapat segera menambahkan atau mengubahnya jika diperlukan.

2. Realistis

Orang yang produktif juga realistis. Ketika mereka membuat daftar kegiatan, mereka membuat cara bagaimana melaksanakan kegiatan itu, supaya dapat diselesaikan. Ketika menulis,"rencana liburan," mereka lanjut menuliskan, "telepon agen perjalanan  pukul 11 siang". Mereka juga tidak menulis, "persiapan rapat," melainkan, "selesaikan slide untuk presentasi power point."

3. Memahami Prioritas

Pada pagi hari orang yang produktif tahu persis apa yang harus mereka lakukan. Buku agenda adalah kuncinya, tambah sistem kalender yang baik. Kalender pada handphone sangat efektif merupakan cara yang bagus untuk melakukan kegiatan, dan terbayang di kepala Anda. Jika Anda tahu apa yang harus dilakukan pada hari berikutnya, akan jauh lebih mungkin untuk melakukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selanjutnya


4. Fleksibel

Meskipun orang produktif terkenal karena perencanaan yang baik, mereka juga fleksibel. artinya mereka tidak stres ketika terjadi sesuatu, atau jadwal mereka berubah, karena sesuatu yang tak terduga. Salah satu cara untuk menangani hal ini adalah menuliskan agenda kegiatan dengan pensil. Begitu terjadi perubahan, Anda dapat menghapusnya.

5. Tahu kapan istirahat

Sangat penting untuk mengetahui kapan Anda harus istirahat. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Illinois, istirahat singkat benar-benar meningkatkan fokus Anda. Menjadi lebih produktif, tidak selalu harus menatap layar komputer Anda sepanjang hari, tapi sadar ketika Anda perlu istirahat, sehingga dapat kembali dan menjadi lebih produktif. Anda juga bisa pergi berjalan-jalan di sekitar tempat kerja untuk mengembalikan fokus.

6. Merencanakan Tujuan

Hidup adalah tentang mengatur tujuan. Orang-orang produktif pintar dalam hal itu. Tujuan kecil setiap hari trik sempurna untuk tetap fokus. Anda dapat memberikan hadiah ketika Anda menyelesaikan tujuan kecil. Imbalan lebih besar dapat digunakan untuk prestasi yang lebih besar, seperti menyelesaikan tesis kuliah atau dipromosikan di tempat kerja. Tujuan baik besar dan kecil akan memastikan Anda tetap fokus pada apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

7. Waktu Merenung

Mereka menyempatkan waktu merenungkan apa yang sudah dilakukan. Mereka melihat kegiatan yang sudah dilakukan sepekan ini. Kemudian bertanya pada diri sendiri, "Apa yang baik? Apa yang bisa saya lakukan lebih baik? Bagaimana cara meningkatkannya minggu depan?".

Trik lain yang berguna adalah dengan melihat kalender minggu sebelumnya dan untuk menandai sesuatu yang Anda senang lakukan dan untuk mencoret peristiwa yang tidak produktif. Hal ini membantu membawa kesadaran yang lebih besar dari tujuan Anda dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya. (Ilh/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.