Sukses

Diluncurkan 24 Juli, SPBU Siap Jual Pertalite

Pertalite akan diluncurkan pada 24 Juli 2015 di tiga wilayah yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) tengah mempersiapkan tes pasar untuk bahan bakar terbaru yaitu Pertalite atau RON 90. Hal tersebut terlihat dari beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang mencantum Pertalite di salah satu menu bahan bakar minyak (BBM) yang dijualnya.

Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, SPBU 31-10202 Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat telah mencantumkan Pertalite di daftar nama BBM yang dijual. Meski begitu, untuk harga penjualannya belum dicantumkan.

Kemudian, 5 dispenser pengisian BBM juga telah dicantumkan nama Pertalite berdampingan dengan BBM lain seperti Pertamax, Pertamax Plus, Solar dan Premium.

Pertamina menargetkan penjualan Pertalite mencapai 500 kiloliter per hari. (Liputan6.com/Achmad Dwi Afriyadi)

Salah seorang petugas yang berjaga mengatakan, persiapan untuk peluncuran BBM itu baru dilakukan semalam. "Iya, itu baru tadi malam," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Dari informasi yang dia terima, rencananya Pertalite mulai diluncurkan pada Jumat, 24 Juli 2015. Akan tetapi dia bilang tanki BBM untuk Pertalite belum diisi.

Pertamina menargetkan penjualan Pertalite mencapai 500 kiloliter (kl) per hari. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, Pertalite akan diluncurkan pada 24 Juli 2015 di tiga wilayah yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Lalu, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang menambahkan Pertamina telah menyiapkan 103 SPBU untuk menyalurkan Pertalite. Adapun tiga kota menjadi sasaran peluncuran produk tersebut yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Diluncurkan 24 Juli 2015, 103 SPBU siap jual Pertalite. (Liputan6.com/Achmad Dwi Afriyadi)


"Peluncuran Pertalite dipusatkan habis Jumatan pada 24 Juli 2015 di SPBU Abdul Muis. Ada 103 SPBU di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya," katanya.

Meski demikian, ketika ditanya soal harga Bambang masih bungkam."500 kl sehari.  Harga nanti pada Jumat ya," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertalite adalah bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90.

    Pertalite

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina