Sukses

6 Pasangan Terkaya di Muka Bumi

Wealth-X meriliris daftar pasangan pasangan terkaya di dunia. Baik milyader dengan usaha sendiri ataupun yang didapat dari warisan

Liputan6.com, Jakarta - Wealth-X merilis daftar pasangan terkaya di dunia. Baik miliarder dengan usaha sendiri ataupun yang didapat dari warisan.

Wealth-X adalah perusahaan yang meneliti dan menilai kekayaan bersih individu- individu superkaya di dunia ini. Berikut 6 pasangan terkaya di muka bumi dilansir dari Businessinsider, Kamis (23/7/2015):


6. Wang Jianlin dan Ning Lin

Kekayaan gabungan bersih: US$ 40,7 miliar (sekitar Rp 544 triliun dengan kurs Rp 13.371 per US$)

Wang meminjam US$ 80 ribu pada 1986 untuk memulai menjalankan perusahaan properti swasta Dalian Wanda Group. Hampir 30 tahun, dia sukses memiliki cabang bioskop terbanyak kedua di Amerika Utara, investasi di hotel bintang lima, menjadi pemilik saham mayoritas di Sunseeker Yachts, dan merupakan pemimpin global pada perusahaan real estat Dalian Wanda Grup.

Dia diduga tengah melakukan pembicaraan untuk mengakuisisi Studio film Hollywood Lions Gate Entertainment, dan berinvestasi di MGM.

Istrinya menjabat Ketua Lin Investment Group Inc - sebuah perusahaan yang menyediakan jasa konstruksi, desain interior, dan layanan makanan dan minuman di seluruh China.

5. Charles dan Elizabeth Koch

Kekayaan gabungan bersih: US$ 47,4 miliar (sekitar Rp 663 triliun)

Menurut Elizabeth "Liz" Koch, hal yang memotivasi suaminya Charles Koch, adalah antusiasme dalam sistem pasar bebas. Keluarga Koch menjadi sangat populer di media, namun Liz mengklaim mereka sekarang ke mana-mana tanpa pengawal.

Charles Koch dan tiga saudaranya mewarisi bisnis sang ayah pada 1967, dan pada 1983, Koch dan saudaranya, David, membeli saham saudara mereka sendiri sebesar US$ 1 miliar. Hari ini, Koch memiliki saham 42 persen di perusahaannya dan menjabat sebagai direktur sekaligus CEO.

Sementara Liz Koch bekerja sebagai Dewan Pengawas dari jaringan sekolah kewirausahaan dan juga terlibat dalam perusahaan suaminya. Liz dan Charles berpartisipasi dalam kegiatan filantropi dengan membuat Yayasan Charles Koch Foundation dan Koch Cultural Trust.


4. David dan Julia Koch

Kekayaan gabungan bersih: US$ 47,5 miliar (sekitar Rp 635 triliun)

David dan Julia Koch berkenalan pada 1991, ketika David berusia 50 dan Julia 27 tahun. Pada saat itu, David bekerja di Koch Industries, dan Julia bekerja sebagai asisten perancang busana terkenal, Adolfo. Mereka menikah pada 1996, dan memiliki tiga anak.

Hari ini, Julia adalah direktur dari Sekolah Ballet Amerika. David menjabat sebagai Executive Vice President Koch Industries dan CEO Koch Kimia Technology Group. Ia juga mantan kandidat calon Wakil Presiden dari Libertarian Party. Sebuah pendukung setia politik konservatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warren Buffett


3. Warren Buffett dan Astrid Menks

Kekayaan gabungan bersih: US$ 65 miliar (Rp 869 triliun)

Warren Buffett berpisah dengan istri pertamanya, Susan pada 1977. Uniknya Susanlah yang  memperkenalkan Buffett dengan Astrid Menks, istri keduanya saat ini.

Sebelum menikahi Buffett, Astrid adalah seorang pelayan di sebuah bar koktail. Buffett dikenal sebagai investor dan Direktur juga CEO Berkshire Hathaway. Perusahaan yang Buffett memiliki diantaranya Geico, Dairy Queen, Fruit of the Loom, Helzberg Diamonds, dan Heinz, dan memiliki saham minoritas di American Express, Coca-Cola, Goldman Sachs, dan banyak lagi.

Buffett bermitra dengan Bill Gates untuk membuat The Giving Pledge, dan mendorong miliarder lainnya untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal. Buffett sendiri berencana untuk memberikan 85 persen saham Berkshire Hathaway.


2. Amancio Ortega Gaona dan Flora Perez

Kekayaan gabungan bersih: US$ 70,7 miliar ( sekitar Rp 945 triliun)

Amancio Ortega dan istri keduanya, Flora Perez, bertemu dua dekade sebelum mereka menikah. Saat itu Flora bekerja sebagai karyawan di perusahaan pakaian retail yang dimiliki Amancio, Inditex. Sebagian besar kekayaan Ortega mengalir setelah ia mendirikan Zara dengan istri pertamanya pada 1975. Inditex go public pada tahun 2001 dan sekarang salah satu kelompok ritel fashion terbesar dan paling berharga di dunia.

Hari ini, Perez duduk di Dewan Inditex, sebagai wakil dari perusahaan induk Gartler, yang memiliki saham 50 persen di Inditex.

Dia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Amancio Ortega Foundation, sebuah yayasan amal yang didirikan terutama untuk berkontribusi terhadap dunia pendidikan, dan kegiatan sosial.

1. Bill dan Melinda Gates

Gabungan kekayaan bersih: US$ 85,7 miliar (sekitar Rp 1.145 triliun)

Kekayaan  Bill gates sebagian besar didapat dari Microsoft, perusahaan yang didirikan pada 1975. Kini, pekerjaan utama Bill Gates adalah berkecimpung sebagai Co-chairman Bill & Melinda Gates Foundation bersama istrinya.

Melinda Gates sendiri mulai bekerja di Microsoft pada 1987. Mereka bertemu dan menikah pada 1994. Dari perkawinannya, mereka dianugerahi tiga anak.

Bill & Melinda Gates juga dikenal sebagai dermawan yang murah hati, dan pada Agustus 2010 dibentuk The Giving Pledge bersama dengan Warren Buffett, di mana mereka secara terbuka berkomitmen untuk mewariskan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Miliarder lain yang ikut serta, diantaranya Mark Zuckerberg, mantan walikota New York City Michael Bloomberg, dan lebih dari 130 miliarder lainnya. (Ilh/Nrm)

 

i

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini