Sukses

Menteri Yuddy Apresiasi PNS Masuk di Hari Pertama Usai Lebaran

Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi mengharapkan langkah Pemprov DKI Jakarta mendistribusikan pelayanan jadi contoh bagi daerah lain.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi menegaskan bolos kerja di hari pertama setelah libur lebaran  bukanlah merupakan stigma PNS.  Hal itu terbukti hanya sedikit PNS yang tidak masuk kerja pada Rabu (22/7/2015) yang merupakan hari pertama kerja.

Di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta misalnya, dari 118 pegawai hanya  lima orang yag tidak datang. "Itu pun mereka cuti, bukan bolos," ujar Yuddy saat melakukan silaturahmi ke Pemprov DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Yuddy  mengawali kunjungannya di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), meskipun Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menunggu di Balaikota. Yuddy menyalami satu per satu pegawai yang hadir dan mengapresiasi kehadiran para pegawai karena mereka tetap disiplin menjalankan tugas. Usai kunjungan, Yuddy menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemprov DKI yang sekaligus mementahkan stigma banyak PNS bolos di hari pertama kerja.

"Kami lihat tadi, baik di BKD maupun di PTSP,  hanya sedikit yang tidak hadir. Itu pun mereka cuti, tidak bolos," tegasnya seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan Rabu pekan ini.

Yuddy juga berharap agar langkah Pemprov DKI yang mendistribusikan pelayanan sampai ke kelurahan ini bisa dijadikan rujukan bagi daerah lain. Presiden Joko Widodo pernah mengingatkan agar peran PTSP benar-benar dioptimalkan.  "Jangan namanya pelayanan satu pintu tetapi banyak jendelanya," imbuh Yuddy.

Gubernur Ahok dalam kesempatan itu sempat bergurau bahwa PTSP ini mirip manajemen calo yang bisa melayani apa saja. "Tetapi aturannya sangat transparan, sudah ada SOP, dan semuanya bisa dilakukan secara online," ujar Ahok.

Lestari, seorang pengusaha yang tengah mengurus  Tanda Daftar Usaha Perikanan (TDUP) mengungkapkan bahwa adanya PTSP ini sangat membantu, karena sebelumnya, untuk mengurus sebuah ijin harus mendatangi masing-masung dinas. "Sekarang memang tidak lagi begitu. cukup di sini," ujar Lestari.

Tetapi dia berharap agar pelayanannya bisa lebih dipercepat Selain melakukan kunjungan ke DKI, sebelumnya Yuddy melakukan halal bihalal bersama pegawai Kementerian PANRB, kemudian dilanjutkan berkunjung ke Kejaksaan Agung.

Selepas dari Balaikota DKI, Yuddy Chrisnandi menyambangi Lembaga Administrasi Negara (LAN), yang dilanjutkan ke Istana Merdeka. Di LAN, Yuddy mendapat laporan dari  357 pegawai di kantor pusat, yang masuk 258 orang dan 199 orang cuti.

Ia mengatakan cuti merupakan hak pegawai. Namun agar pelayanan publik tidak terganggu, maka pimpinan harus pandai-pandai dalam mengatur siapa yang boleh cuti dan siapa yang cutinya di lain waktu. "Jangan sampai pelayanan terganggu," tutur Yuddy. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.