Sukses

Proyek Pemerintah Bakal Dongkrak Pertumbuhan Industri

Pertumbuhan industri akan meningkat dipicu dari proyek pemerintah sehingga meningkatkan konsumsi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian, Saleh Husin memperkirakan pertumbuhan sektor industri semester II akan meningkat seiring proses proyek infrastruktur pemerintah.

Saleh mengatakan, pertumbuhan sektor industri melambat pada kuartal I 2015 karena pengaruh perlambatan ekonomi. Akan tetapi bakal meningkat ke depan.

"Memang kalau di kuartal I ada perlambatan ekonomi, tapi masuk kuartal III, ada grafik untuk naik kembali. Misal info di Gaikindo, bahwa ada grafik untuk naik," kata Saleh, di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Saleh mengungkapkan, pertumbuhan industri akan meningkat pada semester II dipicu dari proyek pemerintah sehingga akan meningkatkan konsumsi.

"Saya kira ini sudah ada tanda-tanda naik. Karena belanja pemerintah sudah mulai bergulir di masyarakat. Contoh Kementerian Pekerjaan Umum belanja modalnya besar, sudah mulai berputar ke masyarakat. Tentu semua akan mengikuti walau pun tidak secepat dengan tahun kemarin," kata Saleh.

Saleh menilai, Pemerintah akan berkoordinasi dengan pihak pengusaha agar pertumbuhan industri tetap terjaga, sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan sebesar 6,3  persen hingga 6,8 persen.

"Tentu perkembangan dari ekonomi global kami cermati terus, agar industri di tanah air bisa terus tumbuh dan tetap bertahan dengan situasi yang ada. Kami punya tekad dan target pertumbuhan industri," ujar Saleh Husin. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini