Sukses

Ada Pertalite, Pertamina Ingin Penjualan Pertamax Tetap Tinggi

Manajemen Pertamina menilai kehadiran Pertalite dapat menciptakan pasar baru karena pilihan masyarakat bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menginginkan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax terus meningkat meski hadir BBM jenis baru Pertalite.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan konsumsi Pertamax meningkat saat Lebaran.

"Tren konsumsi Pertamax bagus. Naik 10 persen selama libur Lebaran," kata Wianda, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Wianda menyatakan, penjualan Pertamax diharapkan tetap meningkat meski ada kehadiran produk baru BBM Pertalite yang harganya lebih murah dan memiliki kadar Research Octane Number (RON) lebih rendah dari Pertamax. "Kami berharap tetap bertahan dan meningkat," kata Wianda.

Wianda mengatakan, kehadiran produk BBM dengan kadar RON 90 tersebut dapat menciptakan pasar baru. Lantaran, pilihan masyarakat dalam menggunakan BBM bertambah.

"Pangsa pasar baru dengan konsumen miliki aspirasi mendapatkan BBM di atas Ron 88 namun harga yang lebih kompetitif dari Ron 92," kata Wianda.

Seperti diketahui, Pertamina akan meluncurkan Pertalite pada 24 Juli 2015 di tiga wilayah yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pertamina menargetkan penjualan Pertalite mencapai 500 kiloliter (kl) per hari dan menyiapkan 103 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menyalurkan Pertalite. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertalite adalah bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90.

    Pertalite

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina