Sukses

Pasca Lebaran, Harga Daging Sapi Turun Rp 30 Ribu per Kg

Meskipun harga daging sapi telah turun, namun kondisi penjualan belum membaik.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging sapi di pasar tradisional mengalami penurunan setelah hari Raya Idul Fitri 2015 ini. Menurut para pedagang, daging sapi kini dijual dengan harga Rp 110 ribu per kilogram (kg), turun dari harga saat menjelang hari raya yang ada di kisaran Rp 140 ribu per kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Paiman (54) mengatakan, penurunan tidak secara langsung melainkan bertahap. "Sekarang sudah stabil di kisaran Rp 105 ribu per kg hingga Rp 110 ribu per kg. Sebelum Lebaran itu sampai Rp 140 ribu per kg. Turunnya pelan-pelan," paparnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Paiman melanjutkan, meskipun harga telah turun namun kondisi penjualan belum membaik. Mengingat, para pembeli masih belum balik dari aktivitas mudik. selain itu, beberapa pemilik warung makan yang menjadi langgannya juga belum membuka kedainya. 

"Saat ini memang banyak melayani orang dagang. Kalau untuk konsumsi sendiri masih jarang. Paling hany sedikit belinya seperti setengah kilo," ujarnya.

Penurunan harga tidak hanya terjadi pada daging sapi, tetapi juga komoditas lain seperti cabai keriting merah. Harga cabai merah keriting yang sebelumnya menembus Rp 50 ribu per kg sekarang  menjadi Rp 20 ribu per kg. Pedagang lainnya yaitu Sri (43) mengatakan, turunnya harga cabai merah keriting karena cukupnya jumlah pasokan.

"Tidak ada yang naik, sudah pada turun. Cabai keriting turun, yang naik cuma timun," katanya.

Sementara, dia menuturkan beberapa bahan pangan belum menunjukan pergerakan yang berarti. Harga cabai merah rawit masih Rp 40 ribu per kg. Kemudian, harga bawang baik bawang merah dan bawang putih masih dijual dengan harga Rp 25 ribu per kg.

"Bawang sekarang modal Rp 22 ribu per kg jualnya Rp 25 ribu per kg," tandas dia.

Berikut harga pangan pantauan Liputan6.com:

Daging sapi Rp 105 ribu per kg-Rp 110 ribu per kg
Daging sop Rp 90 ribu per kg- Rp 95 ribu per kg
Ati Rp 50 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 20 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 40 ribu per kg
Bawang merah Rp 25 ribu per kg
Bawang putih Rp 25 ribu per kg
Tomat Rp 4.000 per kg
Kol Rp 8.000 per kg
Kentang Rp 10 ribu per kg
Buncis Rp 13 ribu per kg
Terong Rp 7.000 per kg
Wortel Rp 8.000 ribu per kg
Timun Rp 14 ribu per kg
Brokoli Rp 10 ribu per kg
Kembang kol Rp 10 ribu per kg
Jengkol Rp 60 ribu per kg.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini