Sukses

Rogoh Kocek Rp 17 Triliun, Nikkei Resmi Kuasai Financial Times

Pearson menjual Financial Times seiring perseroan ekspansi ke pendidikan.

Liputan6.com, Tokyo - Grup media Jepang Nikkei telah setuju membeli Financial Times dari Britain's Pearson sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 17,4 triliun (asumsi kurs Rp13.461 per dolar Amerika Serikat).

Pearson memutuskan menjual Financial Times seiring perseroan ekspansi ke pendidikan. Penjualan ini telah mematahkan laporan sebelumnya dari potensi pembeli seperti penerbit Jerman Bild dan Die Welt Newspapers. Demikian mengutip laman dari Reuters, Jumat (24/7/2015).

Adapun penjualan Financial Times ini tidak termasuk 50 persen saham di majalah The Economist, serta saham di koran River Thames. Penjualan ini diharapkan tuntas pada kuartal IV 2015. Financial Times telah berhasil menjadi surat kabar global yang memilkiki loyalitas yang kuat di hati para pembaca.

"Saya sangat bangga bekerja sama dengan Financial Times, salah satu organisasi berita yang paling bergengsi di dunia," kata Tsuneo Kita, CEO Nikkei. "Kami berbagi nilai-nilai jurnalistik yang sama," tambah Tsuneo.

Sementara itu, sirkulasi surat kabar Nikkei sangat luar biasa, lebih dari 3 juta  hanya pada edisi pagi. Nikkei menjadi referensi berita keuangan dan bisnis di Jepang, namun sulit untuk melebarkan sayapnya ke luar negeri.

Sebelumnya  para analis, dan bankir telah bertahun tahun menunggu Pearson untuk menjual  Financial Times. Nama  bloomberg dan Thomson Reuters sempat digadang gadang sebagai calon pemilik baru Financial Times . (Ilh/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.