Sukses

5 Pekerjaan yang Cocok Buat Pensiunan

Alasan paling utama pensiunan memilih bekerja kembali adalah untuk kesehatan mental dan mendapat tambahan pendapatan.

Liputan6.com, New York - Ketika Anda telah pensiun, melakukan hobi atau berlibur sepertinya menyenangkan. Tapi kalau Anda mencari tantangan lebih, mungkin saatnya memikirkan mencari pekerjaan paruh waktu.

Anda tidak sendiri jika menginginkan kembali bekerja. Menurut survey Merril Lynch Bank of America Corp beberapa waktu lalu, 72 persen orang berusia 50 tahun atau lebih ingin tetap bekerja setelah pensiun. Setengah dari jumlah pekerja yang pensiun bahkan telah memikirkan hal tersebut jelang masa pensiun.

Alasan paling utama mereka memilih bekerja kembali adalah untuk kesehatan mental dan mendapat tambahan pendapatan. Selain paruh waktu, para pensiunan ini mencari pekerjaan yang masih berhubungan dengan pengalaman kerjanya.

Seperti dikutip dari MarketWatch, Sabtu (25/7/2015), berikut lima pekerjaan yang cocok untuk para penisunan:

1. Dosen

Anda tidak perlu membutuhkan gelar Ph.D untuk mendapatkan pekerjaan ini. Pengalaman kerja yang baik bisa menempati posisi dosen. Gajinya biasa saja, tapi Anda bisa memiliki keuntungan dari segi waktu yang fleksibel. Banyak pendidikan online populer saat ini, dan Anda mungkin bisa menjelajahinya.

2. Konsultan berbasis poryek

Banyak perusahaan membutuhkan konsultan untuk membantu proyek dari mulai bidang hukum, pemasaran, hingga manajemen proyek. Pensiunan sangat cocok bekerja sebagai konsultan karena memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun. Gajinya lumayan menggiurkan. Ada yang memakai tarif berdasarkan jam.

Ada pula berdasarkan termin proyek. Jaringan dari rekan kerja lama, alumni sekolah, kelompok industri bisa menjadi kunci Anda masuk mendapatkan pekerjaan ini.

3. Akuntan

Meskipun pekerjaan ini paling tidak menarik, tapi banyak perusahaan memberikan posisi paruh waktu untuknya. Niki Badminton, direktur Freelancer.com untuk Amerika Utara mengatakan, gaji pekerja akuntan paruh waktu lumayan layak. Gajinya mencapai US$ 17 per jam untuk mereka yang memiliki pengalaman banyak dan bisa menggunakan teknik akuntansi yang rumit.

4. Koordinator acara atau event organizer

Meskipun Anda tidak memiliki karir sebagai perencana sebuah acara, namun ketika berumur 50 tahun lebih pasti Anda merencanakan banyak peristiwa dalam hidup. Mengatur acara pernikahan keluarga, pesta ulang tahun, dan banyak lagi bisa menjadi kekayaan pengetahuan yang berguna untuk pekerjaan koordinator acara.

Anda harus memiliki jaringan pertemanan, keluarga, dan media sosial yang kuat untuk memulainya. Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan jasa secara gratis, sebelum mendapatkan upah yang lebih baik.

5. Guru les

Pendiri perusahaan karir WORKS, Nicole William mengatakan, menjadi guru les adalah pilihan terbaik untuk pensiunan. Jamnya fleksibel dan Anda  bisa bekerja di dekat rumah sambil membantu anak-anak muda.

Anda dapat mengajar mata pelajar di sekolah, menulis, piano, sepak bola, dan lainnya. Gajinya bisa sangat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, tergantung dari pengalaman dan ketrampilan Anda.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini