Sukses


Daerah Sekitar Tol Cipali Jadi Incaran Pengembang

Ketersediaan infrastruktur termasuk jalan tol memicu pembangunan hunian dan pusat komersial seperti ruko dan perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Porperty Watch (IPW) menyatakan lahan di sekitar jalan tol terpanjang di Indonesia, Cikopo-Palimanan (Cipali) sudah menjadi rebutan para pengembang. Tanah tersebut sangat prospektif untuk dibangun kawasan industri, hunian, sampai pusat perdagangan atau komersial.

Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda mengungkapkan pembangunan infrastruktur secara alamiah akan mendorong lahan di sekitarnya menjadi titik simpul yang diincar, bahkan sebelum infrastruktur selesai terbangun sekalipun.

Ali menuturkan, seiring ketersediaan infrastruktur, termasuk jalan bebas hambatan, maka bisnis lain akan bermunculan. Paling kentara, lanjut dia, pembangunan kawasan industri berlanjut ke hunian dan pusat komersial seperti ruko dan perdagangan.

"Kalau di sekitar Cipali, banyak pengembang sudah mulai bergerilya mengincar lahan di daerah Purwakarta, Cirebon, Palimanan dan Mojokerto. Itu dilirik sebelum tol Cipali jadi," ujar Ali saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (26/7/2015).

Ali menuturkan, lahan di wilayah Purwakarta dan Cirebon sangat potensial dibangun untuk hunian, seperti rumah tapak dan bukan hunian bertingkat atau apartemen. Sementara untuk kawasan industri skala besar sangat cocok berdiri di atas tanah di daerah Palimanan dan Mojokerto.

"Banyak pengembang yang sudah berencana menggarap lahan di sekitar tol Cipali. Yang saya tahu ada dua pengembang mau bangun kawasan industri di Mojokerto dan tiga pengembang bangun rumah tapak atau landed house," jelas Ali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono mengatakan pembukaan jalan tol Cipali ini membuat beberapa investor melirik lahan di sekitarnya untuk menanamkan investasinya.

Salah satunya yaitu dengan membangun kawasan industri dan pabrik."Saya kira baru komitmen, memang masih beberapa itu. Baru kita hitung, banyak yang mau masuk," ucap Imam.

Dia menjelaskan, ketertarikan para investor tersebut untuk menanamkan modalnya di sekitar Tol Cipali karena jalan bebas hambatan tersebut diharapkan mampu memperlancar jalur distribusi produk dari pabrik untuk sampai ke tangan konsumen. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini