Sukses

Top 5 Bisnis: Tol Solo-Kertosono Beroperasi Lebaran 2016

Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Solo-Kertosono

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan jalan tol Solo-Kertosono usai melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Jokowi menargetkan pembangunan tol trans-Jawa ruas Solo-Sragen selesai pada Desember 2016, sedangkan saat ini proses pembebasan lahan sudah beres. Ruas jalan tol Solo-Sragen itu diharapkan selesai pada Lebaran tahun depan.

Ia meyakinkan, dengan tersambungnya semua ruas, maka ongkos transportasi akan menjadi lebih murah, biaya logistik murah sehingga harga barang-barang juga dapat lebih murah. "Ongkos transportasi dan logistik lebih tinggi 2,5 persen dari negara tetangga," kata Jokowi.

Berita seputar pembangunan tol Solo Sragen menjadi artikel yang paling dicari masyarakat. Tak hanya itu berita lainnya yang menarik yaitu habisnya izin ekspor mineral PT Freeport Indonesia hingga ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menghantui buruh pabrik tekstil.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi Minggu, 26 Juli 2015:

1. Proyek Jalan Tol Solo-Kertosono Bakal Selesai pada Lebaran 2016

Presiden Jokowi menargetkan pembangunan tol trans-Jawa ruas Solo-Sragen selesai pada Desember 2016. Sedangkan saat ini proses pembebasan lahan sudah beres. Ruas jalan tol Solo-Sragen itu diharapkan selesai pada Lebaran tahun depan.

2. Izin Ekspor Habis, Pemerintah Panggil Freeport pada Senin

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memanggil PT Freeport Indonesia untuk menyelesaikan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan perpanjangan ekspor konsentrat tembaga belum diperpanjang setelah habis 25 Juli 2015.

3. Jurus Pengusaha Selamatkan Pekerja dari PHK

Di tengah ekonomi melambat, pengusaha tekstildihantam beban berat mulai dari penurunan penjualan ekspor dan dalam negeri sampai kebijakan pemerintah yang semakin mengancam keberlangsungan bisnis.

Namun pengusaha berjuang mengupayakan penyelamatan perusahaan agar tetap membuka lapangan kerja bagi masyarakat.  Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengakui sangat berat menjual produksi tekstil saat ini karena daya beli masyarakat melemah. Mereka mulai menahan hasrat membeli barang-barang sekunder.  

4. Tips Memperkokoh Bisnis dan Pernikahan

Pernikahan dapat terkoyak oleh perselingkuhan, kebohongan, komunikasi yang buruk, dan kadang-kadang oleh bisnis. Jika Anda tidak pro aktif, bisnis keluarga dapat menghancurkan pernikahan.

5. Kementerian ESDM Diminta Audit Kecelakaan di Tambang Freeport 

Ikatan Alumni Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUMET FTUI ) meminta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaudit kecelakaan kerja yang terjadi di area kerja PT Freeport Indonesia.

Ketua ILUMET FTUI, Basuki menyesalkan kejadian yang mengakibatkan anggota ILUMET FTUI Chairully Salam, yang juga menjadi pekerja Freeport meninggal di area kerja PT Freeport Indonesia.

ILUMET UI meminta dengan hormat kepada Pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk melakukan audit keselamatan atas kejadian ini kepada fasilitas produksi PT Freeport Indonesia. "Mengingat peristiwa ini tidak semata-mata human error," tegasnya. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.