Sukses

BKPM Optimistis Realisasi Investasi Semester II Meningkat

Upaya pemerintah mendorong kenaikan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) akan meningkatkan investasi pada semester II 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis realisasi investasi semester II 2015 akan lebih baik dari realisasi semester I 2015 sebesar Rp 259,7 triliun.

"Investasi semester dua akan lebih baik karena ada empat program dalam jangka pendek," kata Kepala BKPM Franky Sibarani saat memaparkan realisasi penanaman modal, di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Franky menyebutkan, program tersebut adalah proyek pemerintah yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Semester dua akan terus lebih banyak kemajuan dari anggaran pemerintah dan pemerintah daerah," tutur Franky.

Ia menambahkan, upaya pemerintah mendorong lokal konten atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) juga akan meningkatkan investasi pada semester II 2015. Salah satunya adalah  instruksi Presiden Joko Widodo tentang penggunaan kapal  pemerintah dan juga BUMN diharuskan kapal diproduksi dalam negeri.

"Kebijakan pemerintah mengoptimalkan lokal konten TKDN semester dua dapat menimbulkan perannya baik dalam menggerakan ekonomi kebijakan terkait dengan kapal," kata Franky.

Program ketiga yang dapat meningkatkan investasi dalam negeri adalah investasi yang dikerjakan penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing dan keempat adalah pariwisata. "Jadi diharapkan dengan empat penggerak ekonomi ini pertumbuhan semester dua bisa akan lebih meningkat lagi. Empat program ini adalah penggerak ekonomi semester dua," ujar Franky. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • BKPM merupakan kependekan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

    bkpm