Sukses

Tambah Kapasitas, KAI Bakal Datangkan 5 Kereta Baru

Seluruh rangkaian KA baru tersebut hasil dari pesanannya di PT Industri Kereta Api/INKA.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan lima rangkaian kereta baru untuk kelas Ekonomi AC pada 2016. Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengungkapkan seluruh rangkaian KA baru tersebut hasil dari pesanannya di PT Industri Kereta Api /INKA (Persero) yang berlokasi di Madiun.

"‎Sekarang di negara maju kereta itu salah satu moda primadona, bahwa kami mau menambah jumlah armada, betul. Tahun depan menambah 5 rangkaian KA Ekonomi dari INKA," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/7/2015).
‎

Dengan ada penambahan rangkaian kereta ini, jumlah penumpang yang bakal diangkut KAI akan meningkat 2.800 penumpang pada 2016. Hal itu mengingat satu rangkaian kereta ekonomi AC mampu mengangkut masing-masing 560 penumpang.

Edi menjelaskan, saat ini usia kereta yang dioperasikan oleh KAI masing-masing memiliki usia rata-rata 20 hingga 50 tahun. Dengan usia‎ seperti itu, Edi  menilai perlu ada peremajaan selain adanya tambahan rangkaian kereta.

"Jadi konsep kami bukan ada baru, terus yang lama ditinggal, bukan, tapi kami remajakan, jadi kami perbaiki gerbongnya, dan lainnya, sehingga menjadi layak," tegas Edi.

Saat ini PT KAI mengoperasikan sekitar 135 rangkaian kereta api jarak jauh dengan rute perjalanan yang dijalankan sekarang mencapai‎ 370 rute perjalanan. Penambahan jumlah kereta ini rencananya setiap tahun terus dilakukan ‎mengingat jumlah pengguna kereta api setiap tahun juga terus bertambah.

"Saya juga mau memesan lagi kereta untuk kelas K1 (Eksekutif) itu kalau diizinkan dan kalau kapasitas INKA mencukupi," ujar Edi. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini