Sukses

Mentan Bagikan 10 Traktor dan Pompa Air di Boyolali

Pemberian pompa air untuk mengatasi masalah kekeringan di desa Girirota, Boyolali, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Boyolali - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman membagikan traktor dan pompa air dengan jumlah masing-masing 10 unit di Desa Giriroto, Kecamatan Nyemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Dia mengatakan, khusus pompa air ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekeringan di desa tersebut. "Tadi warga minta solusi lahan tadah hujan. Caranya dengan pembuatan sumur dangkal, sumur dalam dan embung," ujar Amran di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (27/7/2015).

Amran menjelaskan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK) dari APBN yang salah satunya ditujukan untuk pembangunan sumur dangkal, sumur dalam dan embung di wilayah-wilayah yang rawan kekeringan.

"Ada DAK harus jalan, itu juga dari  kementerian Rp 2,2 triliun tahun ini. Dana itu pusat ditempatkan di provinsi," lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Desa Giriroto Purwanto mengatakan dengan ada bantuan traktor ini mampu mengatasi sesulitan para petani saat mengolah lahan pertaniannya.

"Ini ada 10 traktor dan 10 pompa air. Sementara cukup, nanti kami evaluasi, mudah-mudahan untuk sumur masih bisa ditambah," kata Purwanto. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini