Sukses

Kementan Siapkan Program Sejuta Embung

Kementerian Pertanian memperkirakan pembangunan satu embung membutuhkan biaya sekitar Rp 50 juta-Rp 60 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mempersiapkan program sejuta embung. Dengan ada embung-embung ini diharapkan akan mampu mengatasi masalah kekeringan yang kerap terjadi pada lahan pertanian di Indonesia.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Hasil Sembiring mengatakan embung ini bisa jadi solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah kekeringan saat berlangsungnya musim kemarau.

"Embung memang menjadi solusi, ini jadi solusi. Sejuta embung jadi  programnya Pak Menteri (Amran Sulaiman) ," ujar Hasil di Sragen, Jawa Tengah, seperti ditulis Selasa (28/7/2015).

Namun, dia menyatakan pihak Kemantan masih menyiapkan rencana program ini. Hal ini terkait juga kesiapan anggaran dan titik-titik pembangunan embung.

"Ini masih direncanakan, anggaran juga masih siapkan pada tahun berjalan. Anggaran tahun kemarin masih ada Rp 800 miliar yang bisa dikeluarkan. Kita mau bangun embung banyak," lanjut dia.

Menurut Hasil, untuk melakukan pembangunan embung juga butuh perencanaan yang matang lantaran untuk membangun satu embung saja butuh lahan dan biaya. "(Luas embung) Rata-ratanya 10 hektar (ha) sampai 15 ha dengan biaya satu embung Rp 50 juta-60 juta," tandas Hasil. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini