Sukses

Miliarder Ini Ingin Bikin Negara Khusus Pengungsi

Jason Buzi, seorang miliarder asal Israel mengusulkan sebuah ide sebagai solusi untuk dapat mengatasi permasalahan pengungsi dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jason Buzi, seorang miliarder asal Israel mengusulkan sebuah ide yang mencengangkan sebagai solusi untuk dapat mengatasi permasalahan pengungsi di dunia. Ia percaya bahwa untuk mengatasi jumlah pengungsi yang setiap tahunnya bertambah, dapat diatasi dengan membuat negara baru untuk tempat tinggal mereka.

Seperti yang dilansir dari laman huffingtonpost.com, Kamis (30/7/2015), Buzi menyarankan suatu proyek bernama 'Refugee Nation' yang tujuannya membuat sebuah negara yang bisa dimanfaatkan bagi seluruh pengungsi di dunia dan dapat menjadikan tempat tersebut sebagai rumah.

Buzi ingin dapat membantu memecahkan permasalahan pengungsi yang selama ini menjadi isu dunia. Tercatat hampir 59,5 juta orang di seluruh dunia harus rela meninggalkan rumah mereka, dan tidak sedikit dari mereka pula harus hidup dalam ranah kemiskinan. Solusi yang ia tuangkan dalam proposal 11 halaman tersebut rela mengkampanyekan melalui website.

Dalam proyek yang dicetuskannya tersebut, dia mengusulkan empat cara agar 'Refugee Nation' ini dapat terwujud. Diantaranya adalah dengan menggunakan lahan dari negara berkembang yang jarang penduduknya, ataupun membuat pulau baru di atas perairan laut internasional.

Idenya ini ternyata mendapat respons baik dari beberapa ahli. James Hathaway, Direktur Program Studi Pengungsi dari University of Michigan Law School mengemukakan Buzi mampu berani mengemukakan solusi terhadap masalah yang selama ini dapat diselesaikan namun sangat berlarut-larut dibiarkan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Pengungsi

Video Terkini