Sukses

Bursa Asia Menguat Mengikuti Bursa Global

Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,2 persen menjadi 141,04 pada pukul 09.01 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) menguat mengikuti kenaikan yang terjadi pada bursa regional. Bursa regional menguat karena Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed belum memberikan sinyal yang jelas mengenai kenaikan suku bunga.

Mengutip Bloomberg, Kamis (30/7/2015), Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,2 persen menjadi 141,04 pada pukul 09.01 waktu Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang naik 0,8 persen, Indeks S&P/ASZ 200 Australia nail 0,2 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,2 persen dan Pasar China belum dibuka.

Hal saja juga terjadi pada penutupan Wall Street. Dow Jones Industrial Averange naik 0,69 persen dan berakhir di level 17.751,39. The Standard & Poor naik 0,73 persen menjadi 2.108,57. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,44 persen menjadi 5.111,73.

Kenaikan bursa tersebut terimbas sentimen dari The Fed. Bank Sentral AS mengungkapkan bahwa pasar tenaga kerja dan juga penjualan perumahan telah menunjukkan peningkatan. Namun ternyata mereka belum memberikan sinyal yang jelas mengenai rencana kenaikan suku bunga. Padahal sebelumnya banyak ekonom telah memperkirakan bahwa The Fed akan mengumumkan kenaikan suku bunga terjadi pada September 2015.

"Tidak ada yang benar-benar baru dan berubah dengan sikap The Fed," tutur Analis IG Ltd, Melbourne, Australia, Evan Lucas. Ia melanjutkan, selain sentimen dari Amerika tersebut, sebenarnya sentimen yang benar-benar menggerakkan indeks adalah laporan keuangan emiten.

Beberapa perusahaan telah membukukan kinerja yang cukup baik dengan menorehkan laba di atas perkiraan para analis. "Kami berharap emiten lain yang belum mengumumkan kinerja bisa memperoleh keuntungan yang cukup baik juga," lanjutnya.

Kemarin, Bayer AS General Dynamics Corp mengumumkan kinerja yang jauh di atas ekspektasi para analis. Selain itu, Nomura Holdings Inc juga mencatatkan kenaikan kinerja saham 3 persen setelah kuartal I 2015 membukukan pendapatan yang tinggi. Daiwa Securities Group Inc naik 3,3 persen setelah membukukan laba yang baik juga. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini