Sukses

Susah Menabung? Yuk Ikuti 3 Langkah Ini

Kebiasaan untuk menyisihkan sebagian uang demi keperluan mendatang memang terkadang sulit untuk dilakukan.

Liputan6.com, New York - Bagi sebagian orang, perkara menabung bukanlah hal yang mudah. Kebiasaan menyisihkan sebagian uang demi keperluan mendatang terkadang sulit dikerjakan apalagi jika kita memiliki kebiasaan konsumtif untuk terus berbelanja.

Mengubah kebiasaan mengatur keuangan memang akan cukup menantang. Namun sebenarnya dengan niat yang kuat, Anda bisa menghentikan kebiasaan berbelanja hal yang tidak perlu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dan prioritas. Untuk apa menabung? Apakah sebagai cadangan uang disaat genting atau untuk membeli barang idaman. Mengetahui tujuan akan membuat menabung lebih mudah.

Setelah menentukan tujuan untuk menabung, hal selanjutnya adalah memeriksa kegiatan keuangan yang biasa dilakukan. Dengan begitu Anda akan mampu mengetahui kemana saja uang mengalir selama ini.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar terhindar dari kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan seperti dilansir dari laman cheatsheet.com, Jumat (31/7/2015):

1. Ingat tujuan menabung

Sangat penting untuk tetap mengingat tujuan utama dalam menabung. Walaupun hanya hal sederhana seperti ingin pergi liburan, mengingat tujuan ini akan membantu Anda untuk tetap mempertahankan kebiasaan menabung yang sedang berjalan.

Ada baiknya Anda menulis tujuan tersebut agar dapat terus mengingatnya.  Selain itu, Anda juga dapat mencoba fokus kepada hal-hal yang akan didapat nantinya. Hal tersebut dapat memberi motivasi yang kuat untuk Anda agar dapat menabung lebih baik.

2. Buatlah anggaran

Cobalah untuk membuat anggaran untuk diri pribadi. Anggaran ini nantinya berfungsi untuk menahan diri agar tetap mengikuti rencana yang telah dibuat. Dengan adanya anggaran ini juga, Anda dapat dengan lebih mudah memprioritaskan pengeluaran apa yang harus tetap ada dan yang sebaiknya dipangkas. Jangan menaikkan pengeluaran Anda apabila mendapat kenaikan gaji.

3. Jangan menaikkan pengeluaran saat mendapat kenaikan gaji

Siapa yang tidak suka mendapatkan kenaikan gaji?. Ya, Selain dapat meringankan beban pengeluaran setiap bulannya, gaji yang meningkat juga mampu membantu untuk mempermudah mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Namun, Anda harus tetap hati-hati dengan hal ini. Banyak orang yang terlena dengan kenaikan gaji yang mereka dapat sehingga pengeluaran mereka pun menjadi membengkak. Tidak apa-apa memang untuk meningkatkan pengeluaran, akan tetapi akan lebih baik apabila Anda tetap mengikuti pengeluaran yang sudah ada. Dengan begini, Anda pun dapat menabung dengan lebih banyak.(Vina/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.