Sukses

Menteri Jokowi Geber Percepat Pembangunan Infrastruktur

Pemerintahan Jokowi terus menggeber program percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) terus menggeber program percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Guna mewujudkannya, menteri Kabinet Kerja kompak menggelar rapat koordinasi (rakor).

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (30/7/2015), rakor percepatan pembangunan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB. Rapat tersebut diundur dari jadwal sebelumnya yang diagendakan pukul 13.00 WIB.

Dalam rakor tersebut, hadir sejumlah menteri, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Hadir pula Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan menteri serta pejabat Kementerian lainnya.  

"Kita mau selesaikan Peraturan Presiden (Perpres) supaya daerah bisa mempercepat pembangunan infrastruktur. Nanti kita rapatkan," kata Sofyan.

Hal ini menyangkut rencana penerbitan obligasi daerah yang harus mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, terutama Kementerian Keuangan. Penerbitan surat utang jangka panjang pun mempertimbangkan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Saya pikir tergantung kemampuan daerah, karena kan harus ada keperluan pembayaran beban bunga dan pokok. Tapi jangan sampai penerbitan obligas pemerintah pusat terkontrol tapi pemda enggak terkontrol," pungkas Sofyan.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.