Sukses

6 Cara Uang Tak Rusak Rumah Tangga Anda

Pasangan yang telah menikah bertengkar soal uang setidaknya tiga kali dalam sebulan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda dan pasangan mungkin sering berbicara soal uang ketika merencanakan pernikahan, dari mulai biaya resepsi hingga berbulan madu. Tapi setelah menikah, omongan soal uang cenderung berkurang.

"Banyak pasangan tidak mau memikirkannya terlalu keras dan ini hal yang salah," kata penasihat keuangan JJ Montanaro seperti ditulis Forbes.com, Sabtu (1/8/2015).

Menurut sebuah survei di Amerika Serikat, pasangan yang telah menikah bertengkar soal uang setidaknya tiga kali dalam sebulan. Kabar baiknya, dengan berbicara terbuka, konflik ini bisa dihindari.

Berikut enam caranya:

1. Komunikasi

Mulai berbicara soal mengelola uang bersama-sama sebelum menikah. Bersiaplah untuk melakukan kompromi. Ketika menikah, luangkan waktu paling tidak satu malam setiap bulan untuk mengetahui apakah keuangan Anda dan pasangan berjalan sesuai rencana.

2. Bicarakan tujuan keuangan masing-masing

Mungkin Anda ingin menghabiskan masa pensiun di rumah tepi pantai, tapi pasangan lebih memilih menjadi pebisnis. Tulis semuanya dalam daftar tujuan keuangan bersama, dan temukan prioritas utama.

3. Buat daftar pengeluaran

Rencana yang konkret bisa membuat tujuan keuangan berhasil. Prioritaskan pengeluaran, hapus yang tidak perlu, dan awasi daftar ini setiap bulannya.

4. Simpan uang untuk Anda

Sulit mengelola keuangan bersama ketika Anda telah lama hidup sendiri. Kalau Anda memutuskan tidak ingin sepenuhnya berbagi, tidak ada salahnya menyimpan sisa uang setiap bulannya untuk kebutuhan pribadi Anda.

5. Hitung hutang

Tanyakan ke pasangan berapa hutangnya sebelum memutuskan menikah. Kalau ada yang berhutang besar, saatnya berusaha melunasinya bersama-sama. Pantau terus hutang ini secara rutin supaya tidak menjadi beban keuangan yang berlarut-larut.

6. Buat rencana jangka panjang

Setelah membuat tujuan bersama, saatnya berinvestasi. Lihat rencana masa pensiun Anda dan pasangan yang mungkin berbeda. Buat stratego investasi untuk meraihnya.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.