Sukses

BRI Ingin Lebarkan Sayap Bisnis di ASEAN

Kehadiran kantor cabang BRI di luar negeri untuk mengakomodir nasabah berbisnis di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah membuka kantor cabang di Singapura, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mengincar negara ASEAN lainnya. Kehadiran kantor cabang BRI di luar negeri untuk mengakomodir nasabah berbisnis di luar negeri.

"Alasannya karena ada orang indonesia yang buka bisnisnya di luar, jadi kita buka disitu," kata Sunarso di kantor BRI, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Direktur Utama BRI Asmawi Syam menambahkan, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), BRI akan menjadi penghubung di luar negeri. BRI akan menyesuaikan produk keuangannya dengan potensi yang ada di negara yang menjadi incarannya.

"Potensinya ada banyak negara bisa di Vietnam Myanmar, Malaysia, Timorleste bisa di Filipina," paparnya.

Ia menyebutkan, potensi di Malaysia bisa dikembangkan produk layanan pengiriman uang (remiten), sedangkan di Timor Leste dikembangkan produk keuangan mikro.

"Tapi tentunya beda di Timor Leste mungkin kembangkan BRI di mikro dan UMKM, kita cukup dikenal di sana," jelasnya.

Menurut Syam, negara yang memberi kemudahan untuk BRI membuka kantor cabangnya akan dimasuki terlebih dahulu. "Kita sedang menjajaki. Negara ASEAN mana lebih dahulu tergantung siapa yang merespons lebih dahulu," pungkasnya.

Selain Singapura, BRI telah memiliki beberapa unit kerja luar negeri di beberapa negara, yakni BRI New York Agency, BRI Cayman Island Branch, Hong Kong Representative Office, dan BRI Remittance Hong Kong. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank adalah lembaga yang menjadi pilihan yang aman untuk meminjam dan menyimpan uang.

    bank

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI

Video Terkini