Sukses

2 Hal Ini Jadi Bahasan Wapres JK dan Presiden Erdogan

JK mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (31/7/2015) kemarin, hari ini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Usai pertemuan, JK mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Salah satunya meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

"Ya tentu berbicara panjang lebar tentang mempererat kembali hubungan ekonomi bagaimana kita buka hubungan perdagangan yang lebih tinggi lagi," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Selain soal perdagangan, Indonesia dengan Turki juga akan memperkuat kerjasama terkait pembuatan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) antar BUMN kedua negara tersebut.

"Kemarin sudah dibicarakan dengan Pak Jokowi tentang hal itu, tentu bagaimana dan komisi perdagangan kita sudah bicarakan. Nanti kita akan realisasi joint industri," jelasnya.

Dalam kerjasama alutsista ini, Indonesia akan diwakili perusahaan plat merah yang biasa membuat alat-alat persenjataan yaitu PT Pindad. Namun diakui JK belum ada komitmen pasti dibicarakan dalam pertemuan tersebut. "Pindad pasti. (BUMN Turki) Saya belum tahu. Ya tentu harus dibicarakan," tandasnya.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.