Sukses

Perusahaan AS Minat Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin

PLTB tersebut akan dibangun di Sidrap Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) berkapasitas 70 Mega Watt (MW). Rencananya, PLTB tersebut akan dibangun di Sidrap Sulawesi Selatan.

Kadiv Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) Syah Darwin Siregar mengatakan, PLTB tersebut akan dibangun Pengembang Listrik Swasta (Independent Power Producer/IPP) asal Amerika Serikat.

"Sidrap Sulawesi Selatan, itu 70 MW, dalam proses Divisi IPP. Itu dari konsorsium perusahaan Amerika Serikat," kata dia di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Namun, dia mengaku hingga kini pengembangan PLTB belum dimulai. Pasalnya, PLN dengan pengembang belum sepakat terkait dengan harga listrik.

Pengembangan baru dilakukan jika sudah ada kesepakatan antara kedua belah pihak, yang dituangkan melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (Power Purchase Agreement/PPA). "Saat ini proses negosiasi harga, belum dibangun, kalau negosiasi setuju dilanjutkan dengan PPA," tutur dia.

Darwin menjelaskan, pembangunan dan produksi listrik yang berasal dari pembangkit bersumber Energi Baru Terbarukan memang diserahkan kepada IPP, di mana PLN hanya sebagai pembeli saja.

"Pembangkit energi baru rata-rata IPP, PLN ada PLTA sebagian, geothermal ada tapi yang kecil-kecil dikasih kita di timur," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.