Sukses

Pemerintah AS Yakinkan RI Bakal Jadi Tujuan Investasi

Pemerintah Indonesia akan memberikan perhatian khusus kepada perusahaan Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) yakin bahwa Indonesia merupakan negara tujuan investasi bagi beberapa negara maju termasuk bagi investor dari AS. Namun, ada syarat untuk mewujudkan hal tersebut.

Wakil Asisten Menteri Energy Amerika Serikat, Jonathan Elkind mengatakan, perusahaan asal negeri paman sam tersebut bisa berkontribusi menanamkan modalnya di Indonesia dengan syarat pemerintah Indonesia memberlakukan perusahaan asal Amerika Serikat dengan baik.

"Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat pastinya bisa berkontribusi dengan baik di pasar Indonesia apabila pemerintah Indonesia masih menginginkan keberadaan mereka di Indonesia," kata  Elkind, usai menghadiri acara Indonesia Energy Investment Roundtable: The Frontier of Energy Exlporation, di Hotel Shangrila Jakarta, Senin (3/8/2015).

Menurut Elkind, dalam berinvestasi Pemerintah dan pelaku usaha Amerika Serikat akan menghormati aturan main yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Pastinya bisnis Amerika dan pemerintah Amerika Serikat sendiri menghormati demokrasi di Indonesia, menghormati proses yang ada di Indonesia dan kami menunggu bagaimana konklusi dari permasalahan ini dari pihak pemerintah Indonesia," tuturnya.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menambahkan, pemerintah Indonesia akan memberikan perhatian khusus kepada perusahaan Amerika Serikat yang melakukan investasi di Indonesia.

"Kami ingin menegaskan bahwa sebuah negara sedang tumbuh ekonominya sudah pasti kami welcome investasi internasional apalagi perusahaan Amerika yang sudah cukup lama ada di sini," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.