Sukses

Pengusaha Logistik: Ada Preman Terselubung di Pelabuhan

Pengusaha mengaku sudah lama mengendus praktik suap perizinan bongkar muat kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI) sudah lama mengendus praktik suap perizinan bongkar muat kapal (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pengusaha logistik bahkan menduga adanya preman-preman terselubung hingga menyeret pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Itu kasus korupsi sudah bertahun-tahun lamanya, cuma baru terkuak sekarang. Kemendag kena batunya padahal dia mengumpulkan izin-izin dari Kementerian teknis lainnya," tegas Ketua Umum Wilayah ALFI, Widijanto saat diskusi mengenai Dwelling Time di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Lebih jauh dia menuding, banyak preman terselubung yang bermain di pelabuhan. Mereka, katanya, memperkaya diri sendiri dengan memanfaatkan perizinan dwelling time yang berbelit-belit. Tak heran bila eksportir dan importir kerap merogoh kocek tak terduga sehingga menambah beban ongkos logistik.

"Kalau preman secara fisik di Jakarta sudah habis, tapi adanya preman tersembunyi, terselubung. Jika barang mau segera keluar, izin lancar, harus keluar uang. Ini sudah berlangsung tahunan," papar dia.

Menurutnya, untuk mengurangi potensi praktik korupsi di pelabuhan terutama bongkar muat kapal, perlu ada ketegasan pemerintah. Salah satunya membenahi tata kelola pelabuhan dan menggunakan sistem online terhadap seluruh perizinan di pelabuhan.

"Cuma sistem online yang bisa mengurangi permainan ini, karena dengan ini tidak ada lagi tatap muka," pungkas Widijanto. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini