Sukses

BRI Targetkan Tambah Satu Bank Terapung Tiap Tahun

Teras Kapal BRI akan beroperasi pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berencana akan terus menambah layanan operasional bank di atas kapal atau bank terapung atau Teras BRI Kapal. Bahkan, BRI berniat menyediakan satu layanan Teras BRI Kapal setiap tahunnya.

Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, Teras BRI Kapal ini akan diprioritaskan di Indonesia Timur. "Kami  akan prioritaskan untuk Indonesia Timur dulu karena di sana banyak pulau-pulau yang belum terjangkau. Berapanya nanti kami lihat tapi tiap tahun kami akan launching seperti ini," Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Memang, untuk investasi Teras BRI Kapal tidak murah. Sunarso mengatakan, untuk setiap kapal menginvestasikan dana lebih dari 10 miliar. "Investasi satu kapal sekitar Rp 15 miliar," tambahnya.

Dia menegaskan, Teras BRI Kapal tidak semata-mata hanya untuk keperluan komersial. Namun, untuk membantu masyarakat supaya melek literasi keuangan. "Jadi tujuannya ada dua. Satu kehadiran jaringan itu sendiri apakah jaringan di darat apakah di kapal jaringan elektroniknya. Yang kedua mengedukasi maayarakat supaya melek keuangan, supaya literasinya naik secara keseluruhan. Itulah yang bisa menaikan financial inclusion," tandas dia.

Untuk diketahui, BRI meluncurkan unit kerja operasional di atas kapal atau dikenal dengan Teras BRI Kapal di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta Utara  pada Selasa (4/8/2015).

Unit kerja ini diluncurkan untuk melayani daerah terpencil khususnya di wilayah pesisir kepulauan. Selain itu, Teras BRI juga diluncurkan untuk memperkenalkan masyarakat di daerah terpencil dengan produk perbankan.

"Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami di daerah terpencil," kata Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Lebih lanjut, dalam debut perdana ini wilayah Kepulauan Seribu menjadi lokasi beroperasi. Teras BRI Kapal beroperasi di kapal Bahtera Seva I dan akan berkeliling melayani 6 pulau. Adapun 6 pulau itu di antaranya Pulau Pramuka, Tidung, Kepala, Untung Jawa, Harapan, dan Panggang. Teras Kapal BRI akan beroperasi pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Tak berbeda dengan kantor layanan pada umumnya, fasilitas pada Teras BRI akan melayani produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Tersedia pula Agen BRILink yang merupakan perpanjangan dari layanan BBRI. Di dalam kapal tersebut juga terdapat ATM yang berfungsi selama 24 jam secara online.

Ke depan, perseroan juga berencana memperbanyak layanan. Saat ini, BRI sedang menjajaki beberapa wilayah di antaranya gugusan pulau di Ternate, Bau-bau dan Tanjung Selor.

"Dengan kehadiran Teras BRI Kapal diharapkan masyarakat akan jauh lebih mudah, aman, dan cepat dalam memperoleh layanan keuangan dan perbankan yang dibutuhkan," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.