Sukses

Aceh Targetkan Jadi Lumbung Pangan Nasional di 2017

Ada tiga komoditas yang menjadi andalan provinsi tersebut menuju target lumbung pangan ini, antara lain padi, jagung, dan kedelai.

Liputan6.com,Jakarta - Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menargetkan wilayahnya bakal menjadi lumbung pangan nasional pada 2017 mendatang.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan, ada tiga komoditas yang menjadi andalan provinsi tersebut menuju target lumbung pangan ini, antara lain padi, jagung, dan kedelai.

"Ada tiga komoditi yang akan menjadi fokus kami, yaitu padi, jagung, dan kedelai," ujar Zaini di Banda Aceh, seperti ditulis Rabu (5/8/2015).

Dia menjelaskan, ketiga komoditas tersebut tersebar di seluruh wilayah Aceh, seperti jagung yang banyak tumbuh di Aceh Tenggara dan Aceh Selatan. Kedelai banyak di tanam di Aceh Timur, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen, dan Aceh Selatan. "Kalau padi, ada diseluruh wilayah Aceh," lanjut dia.

Untuk tahun ini, pemerintah provinsi Aceh telah memasang target produksi pada ketiga komoditas tersebut. Untuk padi ditargetkan mencapai 2,7 juta ton, kedelai sebesar 127 ribu ton dan jagung sebesar 354 ribu ton.

Zaini yakin bahwa pada 2017 ketiga komoditas tersebut bisa menjadi andalan provinsinya. Sebab hingga saat ini, produksi dua dari tiga komoditas tersebut terus mengalami kenaikan.

"Aram (angka ramalan) I padi pada 2015 mencapai 2,1 juta ton. Ini mengalami peningkatan 18 persen dari tahun lalu. Kemudian jagung 205,13 ton atau naik 1,4 persen dibanding tahun lalu, dan kedelai sebanyak 54,078 ton, turun 14,6 persen," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.