Sukses

Kepala BPS Rayakan HUT ke-59 Tepat Saat Rilis Pertumbuhan Ekonomi

Kepala BPS Suryamin mengapresiasi rekan wartawan atas ucapan selamat ulang tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Ada hal berbeda di acara pengumuman pertumbuhan‎ ekonomi Indonesia kuartal II 2015 oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sang pimpinan lembaga ini, Suryamin tengah merayakan hari jadi ke-59. Suka cita terpancar di raut wajah pria yang murah senyum itu.

Dari pengamatan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (5/8/2015), ruangan yang biasa dipakai untuk konferensi pers laporan inflasi dan pertumbuhan ekonomi sudah dipenuhi puluhan awak media sejak pukul 10.00 WIB. Tepat pukul 11.00 WIB, Suryamin yang mengenakan kemeja putih didampingi Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Suhariyanto memasuki ruangan.

Saat kakinya melangkah beberapa jengkal menuju ruangan, sontak dia dikejutkan dengan nyanyian selamat ulang tahun dari para jurnalis media cetak, online dan televisi. Salah seorang peliput pun membawa kue ulang tahun yang tertancap lilin berangka 59. Itu menunjukkan usia Suryamin saat ini. ‎Spesialnya lagi, momen indah dalam hidup Suryamin tersebut bertepatan dengan pengumuman pertumbuhan ekonomi kuartal II.

"Terima kasih kepada rekan-rekan semua atas ucapannya, semoga Allah memberi pahala ‎untuk rekan-rekan," ucap dia sebelum mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II 2015.

Pria kelahiran Garut ini diangkat sebagai Kepala BPS pada 21 Februari 2012, dan menjabat hingga sekarang. Sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris Utama BPS sejsk 2010. Alumni Akademi Ilmu Statistik 1979 pernah menjabat Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Statistik pada 2008. Selain itu, ia juga pernah menjabat Direktur Statistik Industri pada 2007. Suryamin mengawali karir di BPS sebagai Kepala Subbagian Statistik Industri Besar pada 1994. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.