Sukses

Waskita Siapkan Rp 13 Triliun untuk Akuisisi Dua Ruas Tol

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk‎ menyatakan tertarik mengambil alih pembangunan dua ruas tol mangkrak yaitu Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk, M Choliq mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan segala aspek untuk persyaratan pengambil alihan tersebut, termasuk dalam hal keuangan. Pembiayaan pengambilalihan dua ruas tol berasal dari internal dan pinjaman beberapa bank.

"Total investasi yang satu mendekati Rp 5 triliun (Pemalang-Batang) dan satunya mendekati Rp 8 triliun (Batang-Semarang," kata Choliq di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (5/8/2015).

Menurut Choliq, pengambilalihan dua ruas tol menjadi bagian dari perintah Men‎teri BUMN Rini Soemarno yang menugaskan perseroan untuk membangun infrastruktur. Salah satu infrastruktur dibangun yaitu jalan tol untuk wilayah Jawa.‎

Saat ini, PT Waskita Karya Tbk tengah melakukan pembicaraan business to business (b to b) dengan PT Pemalang Batang Toll Road mengenai rencana pengambil alihan untuk ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer (KM). Dalam waktu dekat dirinya juga akan mengajukan penawaran untuk membangun ruas tol Batang-Semarang yang memiliki panjang 75 KM ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Mengenai skema pengerjaannya, Choliq belum bisa memastikan apakah perseroan akan menggandeng perusahaan lain atau‎ mengerjakan sendiri.

‎"Sedang dijajaki, segala macam kemungkinan, yang jelas sekarang Waskita masih jalan sendiri. Akan tetapi nanti dalam perkembangan bisa saja nanti berdua," tegas Choliq. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini