Sukses

RI Dapat Kantongi US$ 268 Miliar dari Hilirisasi Tambang

Indonesia mendapatkan kenaikan nilai tambang mineral dari kebijakan hilirisasi dalam rentang waktu 2017-2023.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Resources Studies (IRESS) mencatat kebijakan kewajiban pengolahan dan pemurnian mineral dalam negeri dapat menambah pemasukan negara sebesar US$ 268 miliar atau sekitar Rp 3.628 triliun (asumsi kurs Rp 13.541 per dolar Amerika Serikat).

Direktur Eksekutif IRESS, Marwan Batubara mengatakan Indonesia mendapatkan kenaikan nilai tambah mineral dari kebijakan hilirisasi dan mata rantai kegiatannya mencapai US$ 268 miliar. Itu diperoleh dalam rentang waktu 2017-2023.

"Hal tersebut berdasarkan hasil kajian IRESS terhadap manfaat ekonomi kebijakan hilirisasi mineral serta dampak yang ditimbulkan dari kebijakan larangan ekspor bijih mineral terhadap kemakmuran rakyat tahun lalu," kata Marwan, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Marwan mengungkapkan, perkiraan tersebut diperoleh dari nilai tambah tahunan komoditas bauksit sekitar US$ 18 miliar, tembaga sebesar US$ 13,2 miliar, dan nikel US$ 9 miliar.

Ia menuturkan, terdapat total 178 izin usaha pertambangan (IUP) yang tengah dalam proses membangun smelter hingga kini. Dari jumlah tersebut, mayoritas proyek pengerjaan smelter baru mencapai studi uji kelayakan sebanyak 102 izin.

15 izin sedang menjalani proses analisis mengenai dampak lingkungan, 12 izin sedang melakukan pembangunan dan awal konstruksi pabrik, 20 izin sedang dalam tahap pertengahan konstruksi pabrik, 4 izin mencapai akhir tahap konstruksi dan 25 izin sudah menyelesaikan tahap commissioning atau sudah mulai berproduksi. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini