Sukses

Berkat Lebah, Sarjana ini Bantu Petani Raup Untung Berlipat Ganda

Seorang sarjana manajemen, Shrikant Gajbhaye menelurkan ide untuk membantu menaikkan hasil panen dengan bantuan penyerbukan lebah.

Liputan6.com, New Delhi - Terganggu dengan banyaknya petani di India yang bunuh diri akibat hasil panen yang menurun, seorang sarjana lulusan manajemen, Shrikant Gajbhaye menelurkan ide untuk membantu menaikkan hasil panen dengan bantuan lebah dalam penyerbukan.

Seperti yang dilansir dari laman economictimes.indiatimes.com, Sabtu (8/8/2015), proyek sosial yang dinamakan ‘Bee The Change’ merupakan proyek yang dicanangkkan Gajbhaye untuk membantu para petani dengan fokus meningkatkan hasil produksi panen dan keuntungan para petani dengan memanfaatkan penyerbukan yang dibantu oleh lebah.

Ilmu mengenai lebah tersebut ia dapatkan dari kursus singkat yang ia ikuti ketika duduk di bangku kuliah.

Gajbhaye mengungkapkan, banyaknya petani yang bunuh diri tersebut diakibatkan karena banyak dari mereka yang terlibat utang untuk membiayai hidupnya setelah panen gagal.

“Para petani memilih berutang untuk membeli pupuk demi meningkatkan produktivitas lahan, dengan harapan hal tersebut dapat meningkatkan hasil panen mereka. Namun ternyata, mereka malah terjebak dalam utang yang berkelanjutan, pproduktivitas tanah yang menurunn dan diperparah dengan tidak adanya bantuan dari pemerintah.” jelas Gajbhaye.

Dengan menggunakan metode penyerbukan yang dibantu dengan lebah, ia berharap petani dapat menikmati hasil panen yang meningkat hingga 200 persen.

Gajbhaye mensosialisasikan proyek inisiasinya dengan mendatangi berbagai desa di India atau bekerja sama dengan institusi pendidikkan yang nantinya dapat membantu memberikan penyuluhan bagi para petani.

“Kami memiliki tim yang terdiri dari para ahli pertanian, peneliti serta entomology yang sangat mengerti mengenai lebah. Mereka nantinya dapat membantu untuk mensosialisasikan program yang ada” ungkap Gajbhaye.

Beberapa petani di berbagai daerah di India telah mengikuti program yang dicanangkan oleh Gajbhaye.

Proyek sosial yang dicanangkan mulai awal bulan ini sedang gencar mencari dana agar dapat membeli koloni lebah lebih banyak. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini