Sukses

Atasi Kekeringan, Pemerintah Bikin Hujan Buatan

Pemerintah akan membuat hujan buatan dalam waktu dua hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Guna mengatasi kekeringan yang terjadi di beberapa titik di wilayah Indonesia, pemerintah akan membuat hujan buatan dalam waktu dua hari ke depan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, hujan buatan ini khususnya akan dilakukan di beberapa wilayah yang masuk dalam kategori endemis kekeringan seperti di Jawa dan Sumatera.

"Dalam waktu dekat akan kita buat hujan buatan. Kita siapkan dalam 1-2 hari. Ada di beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Lampung. Itu sasaran hujan buatan," ujarnya di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)Syamsul Maarif mengatakan, dalam pelaksanaan hujan buatan ini, pihaknya akan bekerjasama dengan TNI dalam hal penyediaan pesawat.

"Hujan buatan ini kita kerjasama dengan TNI yang akan menyiapkan pesawatnya. Dalam 1-2 hari bisa terbang ke area," kata dia.

Pesawat yang akan digunakan untuk operasi hujan buatan ini antara lain, dua unit pesawat Hercules, satu unit pesawat Kassa 295, satu unit Kassa 212. Selain itu juga satu unit Kassa yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian.

"Hingga saat ini anggaran yang disedikan Rp 200 miliar untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, NTB. Ini haraus dilakukan semoga ada ketersediaan awan seperti yang juga dilakukan di darat," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini