Sukses

Jokowi Imbau Swasta dan BUMN Genjot Infrastruktur

Presiden RI Jokowi menegaskan, pihaknya tidak segan-segan copot menteri dan direksi BUMN bila tidak jalankan tugas dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan akan menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan cara mendorong swasta terjun di hilirisasi industri serta infrastruktur. Namun, jika hal tersebut sulit tercapai maka akan mendorong perusahaan BUMN untuk melakukan tugas tersebut.

"Memang kami ingin mengubah betul-betul untuk bisa masuk lagi ke hilirisasi industrialisasi. Saya selalu mendorong swasta. Bangun infrastruktur saya juga dorong dulu swasta. Tapi kalau swasta belum gerak-gerak, saya dorong BUMN supaya yang lain jadi pemicu untuk diikuti. Jadi jangan bilang swasta dikit-dikit diambil BUMN," jelas Jokowi, Senin (10/8/2015).

Jokowi tak berdiam diri, jika untuk pengembangan hilirisasi dan pembangunan infrastruktur akan melakukan pemantauan secara berkala.

"Selalu dikontrol, selalu diawasi itu yang membedakan. Jadi kalau ada yang sampaikan ke saya, menteri ground breaking, jangan kaget setelah 2 bulan saya datengi lagi, kalau tidak ada kemajuan benar saya tegor," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bahkan tidak segan-segan mencopot direksi BUMN, sampai menteri jika tidak melakukan dengan baik.

"Bisa karena manajemen di BUMN kurang baik kayak pola lama atau karena menterinya tidak ngejar. Ya diganti direksinya, kalau menterinya ya diganti menterinya. Kalau saya simpel begitu," ujar Jokowi.

Akan tetapi, hingga saat ini dia menuturkan pemerintah serius dalam melakukan pengembangan hilirasi dan infrastruktur.

"Jadi kalau ada yang tidak percaya silakan tunjuk jari saja, ke lapangan, saya tunjuk langsung pembangunan waduk jalan, pembangunan irigasi jalan, pembangunan pelabuhan jalan. Memang ada yang cepat ada yang beda-beda. Tapi kalau yang jalannya lambat saya belum mendapatinya di lapangan," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

Video Terkini