Sukses

Sofyan Djalil Digeser, Darmin Nasution Jadi Menko Perekonomian?

Menko Perekonomian Sofyan Djalil dikabarkan akan digeser menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan melakukan reshuffle kabinet kerja dan mengumumkannya pada Rabu (12/8/2015) siang ini. Ada lima menteri yang akan dicopot orang nomor satu di Indonesia itu, sementara satu orang menteri digeser.

Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi menyebutkan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil akan digeser menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas menggantikan Andrinov Chaniago.

"Cuma Menko Perekonomian ekonomi Digeser Bappenas, lalu Darmin Nasution Jadi Menko Perekonomian," kata Sofjan saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2015).

Sementara lima menteri yang dicopot yaitu  Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Maritim Indroyono Soesilo. Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Saat dikonfirmasi alasan di balik reshuffle, Sofjan tidak mau berkomentar. "Saya tidak mau komentar karena itu wewenang presiden," kata dia.

Terakhir, Darmin Nasution menjabat sebagai Gubernur BI periode 2010-2013. Periode yang lebih singkat ini karena ia meneruskan masa jabatan gubernur sebelumnya yakni Boediono yang waktu itu menjadi wakil presiden. 

Sebelumnya dia menduduki posisi Deputi Gubernur Senior BI setelah sebagai Direktur Jendral Pajak periode 2006-2009. Karirnya memang bergelut di sektor keuangan, seperti Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan periode 2005-2006 dan Direktur Jendral Lembaga Keuangan, 2000-2005.(Fik/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini