Sukses

Sertijab Kepala Bappenas Segera Dilaksanakan Sore Ini

Presiden Joko Widodo telah melantik sejumlah menteri baru pada Rabu pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melimpahkan jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dari Andrinof Chaniago kepada Sofyan Djalil.

Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Kementerian PPN/Bappenas, Thohir Affandi menuturkan setelah pelimpahan jabatan tersebut, akan dilakukan serah terima jabatan yang akan digelar Rabu (12/8/2015) pukul 17.00 WIB di Kantor Bappenas, Jalan Taman Suropati, No. 2 Jakarta.

"Sertijab sudah dipersiapkan dan akan digelar pukul 17.00 WIB," kata Thohir, di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Menurut Thohir, sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan kabinet, Andrinof telah mengemas barangnya. Andrinof masih dijadwalkan menghadiri acara silaturahim Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jakarta Selatan.

"Pak Andrinof baru akan datang pada pukul 16.00 WIB ke Bappenas," pungkas Thohir.

Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet di Istana Negara. Ada enam anggota Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK yang diganti oleh pria bernama lengkap Joko Widodo itu.

Dalam keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Rabu pekan ini, Presiden Jokowi memberhentikan 5 menteri. Mereka adalah Menteri Koordinator Perekomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, ‎Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Presiden juga memberhentikan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Presiden Jokowi lalu mengangkat Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan. Presiden juga mengangkat Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet. (Pew/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • Sofyan Djalil adalah seorang tokoh negara yang berulang kali menduduki jabatan menteri sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono
    Sofyan Djalil adalah seorang tokoh negara yang berulang kali menduduki jabatan menteri sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono

    Sofyan Djalil