Sukses

Menkeu Pastikan Perombakan Menteri Tak Pengaruhi Belanja Negara

Dari enam menteri yang diganti, empat diantaranya merupakan menteri di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo telah resmi mengganti (reshuffle) beberapa menteri untuk memperbaiki kinerjanya dalam masa jabatan hingga tahun 2019. Dari enam menteri yang diganti, empat menteri berasal dari bidang ekonomi.

Meski para menteri ekonomi di rombak, namun Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan tidak akan mempengaruhi kinerja pemerintahan sendiri, dan dirinya mengaku akan mudah dalam melanjutkan koordinasinya, terutama dengan Darmin Nasution‎ selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Ya tidak masalah, karena kan sudah kenal lama, sudah pernah di kementerian keuangan, pernah di BI, jadi saya rasa bukan jadi isu," kata Bambang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Begitu juga dengan menteri-menteri ekonomi baru lainnya seperti Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Tomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan dan Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/Bappenas. Bambang mengaku sudah kenal dekat dengan mereka.

‎Hanya saja, Bambang akan lebih fokus untuk berdiskusi dengan mereka dalam menentukan langkah-langkah yang dilakukan dalam menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"‎Jadi saya lebih akan fokus koordinasi dalam rangka menjaga stabilisasi ekonomi, kedua mencari celah untuk pertumbuhan saya lebih fokus di situ, kalau belanja penyerapan nanti kita dorong dari kementerian-kementerian yang belanjanya besar," papar Bambang.

Seperti diketahui, dalam keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Rabu (12/8/2015), Presiden Jokowi memberhentikan 5 menteri. Mereka adalah Menteri Koordinator Perekomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, ‎Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

Presiden juga memberhentikan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Presiden Jokowi lalu mengangkat Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini