Sukses

Pengusaha Anggap Reshuffle untuk Tangkal Perlambatan Ekonomi

Pengusaha menyambut positif keputusan pemerintah melakukan perombakan kabinet atau reshuffle.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia menyambut positif keputusan pemerintah melakukan perombakan kabinet atau reshuffle. Langkah tersebut dianggap sebagai antisipasi pemerintah dalam menangkal perlambatan ekonomi.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Perbankan dan Finansial Rosan Roeslani mengatakan, perubahan formasi ini merupakan keputusan tepat pemerintah.

"Perubahan konfigurasi kabinet yang baru diumumkan, khususnya di tim ekonomi, menunjukkan bahwa pemerintah paham dengan perlambatan ekonomi saat ini, dan akan segera mengupayakan solusinya. Itu pesan yang sangat penting bagi dunia usaha saat ini," kata dia dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Dia menuturkan, keputusan itu juga memperjelas rumor yang selama ini beredar. "Dan setidaknya menyurutkan ketidakpastian dan rumor yang ada selama ini," tambahnya.

Apalagi, dia menilai tokoh-tokoh yang dipilih kompeten di bidangnya. Sebut saja, Darmin Nasution menjabat sebagai Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN, Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan.

Presiden Jokowi juga mengangkat Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.

"Indonesia saat ini sangat butuh ekonom yang berkelas dunia. Kalau tidak berbagai reformasi yang dilakukan di bidang ekonomi bisa tumpang tindih atau tidak konsisten," tutur dia.

Khusus untuk Menko Perekonomian, Rosan menilai sosok tersebut pantas karena memiliki pengalaman panjang di bidang ekonomi. "Figur Pak Darmin sebagai ekonom senior yang berpengalaman di perpajakan dan moneter pastinya menciptakan harapan positif. Kadin siap bekerjasama membantu tim ekonomi yang baru. Selamat untuk para tokoh yang terpilih," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

Video Terkini