Sukses

Jadi Menko, Rizal Ramli Sempat Tolak Pinangan Jokowi

Ekonom Senior Rizal Ramli resmi menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Rizal Ramli resmi menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Hal itu ditandai dengan acara serah terima jabatan yang dilaksanakan pada hari ini.

Bertempat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Rizal Ramli kini sah meneruskan tampuk kepemimpinan yang sebelumnya dipegang Indroyono Soesilo. Serah terima jabatan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 75/p 2015.

Rizal Ramli mengaku, sebelumnya sempat menolak jabatan tersebut. Pasalnya, Indroyono merupakan salah teman deket Rizal sejak mengenyam bangku kuliah.

"Saya ditawari menolak karena menggantikan teman dekat," kata dia dalam sambutannya, di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Namun, pendiriannya berubah ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) penunjukannya jadi Menteri atas permintaan rakyat, bukan permintaan Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Untuk itu, dia memutuskan untuk mengambil jabatan tersebut. Rizal berkomitmen untuk mengubah Indonesia lebih baik.

"Saya terima tantangan ini, kita lakukan perubahan," tandas dia.

Turut hadir dalam serah terima jabatan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pariwasata Arief Yahya dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini