Sukses

KAI Beri Tiket Kereta Gratis pada Hari Kemerdekaan

Program tiket gratis dari PT KAI ini berlaku pada 17 Agustus mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan akan melaksanakan 'Program Merdeka' dalam memperingati HUT RI ke-70 pada 17 Agustus 2015. Program ini merupakan bagian dari program Kementerian BUMN yang bertajuk 'BUMN Hadir untuk Negeri'‎.

Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro mengungkapkan program ini akan menggratiskan bagi masyarakat untuk menggunakan kereta api lokal, seperti di antaranya KRL dan KRD dan juga KA Bandara Kuala Namu. Tiket gratis ini hanya akan berlaku 1 hari pada 17 Agustus 2015.

"Ini adalah bentuk atau bukti bahwa BUMN saat ini itu ada di tengah-tengah masyarakat, apalagi KAI bisa seperti ini juga berkat masyarakat," kata Edi di Kantor Jakarta Railing Centre (JRC), Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Edi menuturkan, program ini akan berlaku mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Rentang waktu dipilih karena sesuai dengan tanggal kemerdekaan RI yaitu tanggal 17 dan bulan Agustus.

‎Untuk program ini maka akan menggratiskan tiket untuk 113 perjalanan KA Lokal bersubsidi (PSO), yang terdiri dari 100 perjalanan KA lokal bersubsidi di Jawa & 13 perjalanan di Sumatera‎.

Bagi masyarakat yang telah melakukan pemesanan tiket KA Lokal bersubsidi (PSO) tertentu H-30 sebelum hari keberangkatan, biaya tiket akan dikembalikan di loket stasiun tujuan dengan menunjukkan bukti tiket KA Lokal bersubsidi (PSO) keberangkatan 17 Agustus 2015 pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Pengembalian biaya tiket dapat dilakukan hanya pada 17 Agustus 2015. Selain menggratiskan KA Lokal bersubsidi (PSO), PT KAI melalui dua anak perusahaannya, yakni PT KCJ dan PT Railink juga memberikan program promo serupa.

Untuk KRL Commuter Line, PT KCJ memberikan program gratis tarif perjalanan KRL pada hari Senin 17 Agustus 2015 pukul 08:00 – 17:00 WIB. Dalam kegiatan KRL gratis ini, para pemilik Kartu Multi Trip (KMT) saldonya tidak akan berkurang.

Para penumpang yang akan menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB), juga tidak perlu membayar tarif perjalanan, namun tetap harus ke loket untuk mengisi tujuan perjalanannya dan menyerahkan jaminan tiket. Sementara para pemilik kartu uang elektronik bank (BNI Tap Cash, Brizzi dari BRI, E-Money Mandiri, dan Flazz BCA) hanya akan membayar tarif sbesar Rp 1.

Dalam menggunakan KRL gratis ini, para penumpang tetap perlu memperhatikan sejumlah ketentuan yang berlaku sebagaimana saat tarif normal.

"Ketentuan tersebut adalah mengenai saldo minimum KMT dan kartu uang elektronik bank, ketentuan uang jaminan dan refund THB, mengisi tujuan/relasi perjalanan THB di loket dan menggunakannya sesuai tujuan tersebut, serta aturan free out, penalti, dan suplisi," kata Edi.

Sementara untuk KA bandara, PT Railink memberikan promo “Diskon Kemerdekaan” sebesar 70 persen kepada pelanggan KA Bandara Kualanamu selama 15 hari terhitung 17 Agustus 2015 hingga 31 Agustus 2015.

Pelanggan yang berhak mendapatkan diskon adalah mereka yang berulang tahun pada Agustus. Promo ini berlaku untuk para calon penumpang KA bandara dengan melakukan pembelian langsung di counter tiket Stasiun KA Bandara Medan (CRS) & Stasiun KA Bandara (ARS) dengan melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini